Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Antisipasi Penularan Covid-19,Rektor USN Berlakukan Kuliah Daring

158
Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari

KOLAKA,BKK –Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Dr Azhari mengeluarkan surat edaran untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkup kampus merah marun tersebut.

Dalam surat edarannya tersebut, rektor mengimbau kepada seluruh mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan untuk mengaplikasikan perilaku hidup sehat dan bersih, termasuk mengikuti segala arahan dari Kementerian Kesehatan.

“Sekalipun di Kolaka belum ada dijumpai kasus yang disebabkan virus corona, kita tetap perlu meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya ditemui di ruangan kerjanya, Senin (16/3).

Menyoal kegiatan pembelajaran, Azhari menjelaskan seperti arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kegiatan perkuliahan di USN tetap dilakukan, hanya saja dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan media sosial yang ada, mulai 17 Maret sampai 29 Maret 2020.

Bila dilakukan kegiatan perkuliahan dengan tatap muka langsung oleh dosen dan mahasiswa, maka waktu pertemuan dibatasi maksimal 15 menit, dengan jumlah peserta yang juga dibatasi maksimal 5 orang.

Dengan perkuliahan yang dilakukan secara dalam jaringan (daring), mahasiswa yang berasal dari luar Sultra, dianjurkan agar tidak meninggalkan Kolaka. Menurutnya, Kolaka masih aman dari penyebaran virus corona. Tak hanya itu, segala jenis praktik lapangan yang mesti dilakukan mahasiswa untuk dijadwalkan ulang, sambil menunggu informasi perkembangan penyebaran virus corona.

Azhari mengingatkan agar mahasiswa dan dosennya meningkatkan kewaspadaan terhadap virus tersebut dengan menghindari perkumpulan dengan orang dalam jumlah banyak (keramaian).

“Perkuliahan tidak dihentikan cuman diganti dengan pembelajaran daring. Kalaupun ada tatap muka waktunya diperpendek, sebatas konsultasi saja” tambahnya.

Dia meminta bagi mahasiswa atau dosen dan tenaga kependidikan yang mengalami sakit, agar tidak datang kekampus, hingga kondisi kesehatannya benar-benar sehat dan stabil kembali.

Selain itu, bagi mahasiswa dan dosen untuk sementara waktu diminta tidak meninggalkan Kabupaten Kolaka mengikuti kegiatan di dalam dan luar negeri. Selagi kegiatan tersebut tidak penting, sebisanya untuk tidak keluar daerah dulu.

“Jangan keluar kota kalau urusannya tidak terlalu penting. Begitu juga sebaliknya, tidak usah dulu ke Kolaka,” jelasnya.

Azhari juga menginstruksikan kepada mahasiswa program studi farmasi dan kimia untuk berkolaborasi membuat hand sanitizer (pembersihtangan). Sebagai tahap awal, ia menyiapkan 1.000 botol, yang nantinya juga akan dibagikan kepada masyarakat Kolaka. (m5)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.