Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Zanuriah: Endang Jangan Cemas, Tiba di Indonesia Wagub Akan Jalani Pemeriksaan Kesehatan

70
Zanuriah. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) Zanuriah angkat bicara soal komentar Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra Muhammad Endang SA, yang meminta Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Lukman Abunawas dikarantina yang tengah mengikuti study tour ke Malaysia.

“Saya meminta agar Endang jangan terlalu cemas, sebab tiba Indonesia orang nomor 2 di Bumi Anoa tetap diperiksa kesehatannya,” ujarnya, kepada wartawan koran ini, kemarin.

Bahkan, kata dia, sebelumnya pihak pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra sudah mengeluarkan imbauan untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Jadi, jika ada tugas penting ke luar negeri imbauan tersebut akan diterapkan. Bahkan, wagub akan diperiksa kesehatannya setelah dari Malaysia,” paparnya

Lebih lanjut, mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Buton ini mengatakan, Endang jangan cemas. Menurutnya, dengan adanya virus corona tersebut, setiap bandara pasti melakukan pemeriksaan tubuh pendatang.

“Menurut saya menerapkan pola hidup bersih dan sehat, yakni dengan mencuci tangan pakai sabun, serta perbanyak mengonsumsi sayur dan buah, rajin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari,” katanya.

Selain itu, dia menganjurkan, untuk mengenakan masker, dan mempraktekan etika batuk dan bersin.

“Memeriksakan diri ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) terdekat, jika mengalami gejala saluran pernapasan, dan tetap waspada tapi jangan panik,” tambahnya.

Diketahui, Wagub Sultra Lukman Abunawas turut serta dalam rombongan study tour mahasiswa pascasarjana hukum Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) di Malaysia.

Wagub yang juga berstatus sebagai mahasiswa Unsultra, mengikuti program Benchmarking International Learning Experience di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). (m3/nir)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.