Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Tidak Masuk BPJS Kesehatan, Pemprov Sultra Siapkan Dana Talang 5 Miliar

66
Lukman Abunawas. (FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Bagi masyarakat yang tidak masuk dalam daftar Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS) Kesehatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan dana talang sebesar Rp5 miliar.

Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas mengatakan, Senin (2/3) lalu, pemerintah provinsi (pemprov) melalui dinas kesehatan (dinkes) telah menyalurkan bantuan dari kartu sehat.

“Jadi ada dana talang Rp 5 miliar. Yang tidak masuk BPJS kesehatan silakan berobat di RSUP Bahteramas,” katanya, saat diwawancarai di ruang kerjanya belum lama ini.

Dikatakan, ketentuan penggunaan dana tersebut harus ada keterangan kurang mampu dari desa atau kelurahan dan kabupaten/kota mana.

“Selain itu harus ada fotokopi kartu keluarga (KK) dan KTP,” jelasnya.

Mantan Bupati Konawe dua periode ini menyebutkan, batuan-bantuan selama ini untuk masyarakat kurang mampu ada pola BPJS Kesehatan namun tidak semua yang peserta BPJS tidak mempunyai kartu.

“Barangkali dia tidak sempat urus, atau apa. Makanya kita talangi dengan ‘Sultra Sehat’ dan sudah banyak berobat di bahteramas,” ungkapnya.

Lumkan menegaskan, penggunaan dana tersebut yang tidak mempunyai BPJS Kesehatan.

“Kalau yang mudah selama inikan BPJS kesehatan, tapikan ada iuran tiap bulan, tapi tidak semua orang miskin punya kartu BPJS itulah kita talangi,” paparnya. (m3/iis)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.