Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

SMAN 4 Kendari Optimis Juara LSS Tingkat Nasional

55
Kepala SMAN 4 Kendari Ruslan saat meninjau perkembangan rainbow gardens. (FOTO:SUMARDIN/BKK)

Kendari, BKK- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kendari yang mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) di ajang lomba sekolah sehat (LSS) 2020 tingkat nasional optimis meraih juara.

Keyakinan itu muncul karena SMAN 4 Kendari telah memenuhi semua kriteria penilaian lomba, khususnya pada kategori inovasi dengan menciptakan taman dengan konsep “rainbow gardens” atau taman pelangi di lingkungan sekolah.

Rainbow gardens ini merupakan inovasi yang dilakukan SMAN 4 Kendari yang melibatkan seluruh siswa melalui program satu siswa satu bunga,” ujarn Kepala SMAN 4 Kendari Ruslan, Senin (9/3).

Dijelaskan, rainbow gardens nantinya akan berisikan 5 jenis warna bunga yang berbeda, dengan luas lahan 11,5 X 34  meter. Sehingga, konsep ini menjadi salah satu tempat favorit seluruh siswa.

“Ketika ada tamu yang berkunjung di SMAN 4 Kendari, rainbow gardens ini akan menjadi tempat yang akan digunakan untuk menjamu  tamu nantinya,” katanya.

Ruslan menuturkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dan persiapan diri jelang penilaian LSS.

“Kita terus melakukan pemantapan persiapan yang meliputi kriteria penilaian LSS seperti sarana prasarana mulai dari unit kesehatan siswa, kantin, hingga taman di sekitar lingkungan sekolah,” tuturnya.

Ke depan, sambung Ruslan, sekolah kembali berencana untuk mendeklarasikan sekolah yang bebas dari sampah plastik. Untuk itu, pihaknya akan menyediakan dispenser di masing-masing kelas yang ada di sekolah tersebut.

“Itu sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan terbebas dari sampah plastik. Upaya-upaya ini akan menjadi program yang bisa diunggulkan pada LSS nanti,” pungkasnya.

Ruslan berharap, upaya yang dilakukan warga sekolah dapat berbuah manis, dengan menjadi yang terbaik di tingkat nasional yang tentunya akan menjadi kebanggaan bagi Sultra.

“Saya sangat optimis menghadapi LSS, mengingat pemerintah dan warga sekolah juga sangat mendukung,” pungkasnya. (r1/man)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.