Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Program Arrum Haji Pegadaian Sudah Penuhi Target

51
Mustamin Takwin. (FOTO: WATY/BKK)

KENDARI, BKK – Minat masyarakat terhadap produk Pegadaian Arrum Haji di Kota Kendari sangat baik. Hal ini terlihat dari jumlah warga yang terdaftar sebagai nasabah produk pembiayaan untuk mendapatkan kuota haji.

Kepala Kantor Cabang Pegadaian Kendari Mustamin Takwin mengatakan, hingga Maret 2020, jumlah nasabah Arrum Haji Pegadaian Kendari telah memenuhi target yang ditetapkan.

“Arrum Haji merupakan salah satu program andalan Pegadaian. Target nasabah kita hingga bulan ini sudah terpenuhi,” ujar Mustamin, Senin (16/3).

Dia menjelaskan, program Arrum Haji adalah layanan pembiayaan secara syariah, yang memberikan nasabah dalam kemudahan untuk mendapatkan porsi haji dari Pegadaian. Dengan memberikan jaminan 3,5 gram emas atau emas perhiasan berkadar minimal 70% senilai 7 gram, nasabah akan memperoleh tabungan haji yang kelak dapat digunakan untuk mendapatkan porsi haji.

lebih lanjut, dia mengatakan, dalam angsuran pengembalian ke Pegadaiannya, nasabah dapat memilih limit waktu pengembalian. Mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun, dengan angsuran terendah mulai Rp669.500 ribu.

“Begitu memperoleh tabungan haji, nasabah dapat langsung menggunakannya untuk memperoleh nomor porsi haji. Cukup menjaminkan 3,5 gram emas di Pegadaian. Nanti angsurannya bisa sebesar Rp600 ribu per bulan. Emas dan dokumen haji aman tersimpan di Pegadaian, dengan biaya pemeliharaan yang terjangkau,” ucapnya.

Dijelaskannya, proses pengajuan untuk mendapatkan tabungan haji tersebut, mulai dengan nasabah mendatangi outlet Pegadaian terdekat, dan menyerahkan persyaratan yang telah ditentukan. Selanjutnya, kata dia, menandatangani akad memperoleh tabungan haji, lalu ke Bank Syariah rekanan Pegadaian untuk memperoleh SABPIH.

Setelah itu, lanjutnya, nasabah ke Kementerian Agama (Kemenag) untuk memperoleh nomor porsi atau SPPH. Terakhir menyerahkan SPPH, SABPIH, dan buku tabungan ke Pegadaian.

“Persyaratan antara lain fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), menyiapkan pas foto 3×4 dan 4×6, masing-masing 5 lembar dengan tampak wajah 80% dan background berwarna putih, dan surat keterangan domisili. Terakhir, jaminan emas batangan (LM) minimal 3,5 gram atau emas perhiasan berkadar minimal 70% senilai 7 gram,” pungkasnya. (m4/nir)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.