Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Polres Kendari Dor 2 Residivis Curanmor Asal Sulsel

88
Tersangka diamankan di Mapolres Kendari. (FOTO:SUHARDIMAN/BKK)

 Kendari, BKK- 2 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kota Kendari dilumpuhkan dengan timah panas. Adalah WA (22) dan RI (21), warga Sulawesi Selatan (Sulsel).

Keduanya dilumpuhkan Tim Buru Sergap (Buser) 77 Satreskrim Polres Kendari karena berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap, Senin (2/3) sekira pukul 15.00 Wita.

Selain kedua tersangka, polisi juga mengamankan tersangka lain berinisial SA (37). Pria yang berdomisili di Kecamatan Abeli Kota Kendari tersebut diduga sebagai penadah.

Kapolres Kendari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Didik Erfianto menuturkan, kedua tersangka melakukan aksi pencurian di Jalan Syech Yusuf Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari, Sabtu (29/2).

Disebutkan, saat itu korban masuk ke dalam rumah makan sari laut dan memarkir motornya didepan. Tiba-tiba korban mendengar suara motornya dan saat keluar korban melihat telah hilang.

“Modus operandi tersangka, mereka memanfaatkan kelengahan pemilik motor. Kunci yang tertinggal atau motor yang diparkir tidak terkunci mereka ambil,” ujar Didik saat konfrensi pers di Mapolres Kendari, Senin (9/3).

Dari hasil pengembangan, Didik mengatakan tersangka juga melakukan tindak pidana pencurian dibeberapa tempat di Kota Kendari. Salah satunya, sambung dia, mereka melakukan aksi pencurian disalah satu rumah di Kecamatan Mandonga Kota Kendari, Selasa (21/2).

“Kedua tersangka ini merupaka residivis. Tersangka WA residivis kasus pencurian di Makassar. Sedangkan tersangka RI residivis kasus pencurian di Kota Kendari. Mereka satu komplotan,” ujar Didik.

Saat dilakukan penangkapan, lanjut Didik, kedua tersangka mencoba melarikan diri dan melakukan perlawanan. Sehingga, Tim Buser 77 Polres Kendari melumpuhkan kedua tersangka.

“Kami perang pelaku begal dan curanmor. Kedua tersangka diidentifikasih residivis pelaku curanmor, mereka coba melarikan diri dan melawan sehingga dilumpuhkan,” tegasnya.

Lebih lanjut Didik mengatakan, selain kedua tersangka, pihaknya juga mengamankan 1 tersangka yang diduga sebagai penadah barang hasil curian.

“Barang bukti yang diamankan dari tersangka berinisial SA yakni barang hasil curian kedua tersangka,” ujarnya.

Lebih lanjut Didik menghimbau masyarakat khsusunya di Kota Kendari lebih waspada terhadap aksi curanmor. Pasalnya, modus pelaku pencurian yang kerap beraksi di Kota Kendari memanfaatkan kelengahan masyarakat pemilik kendaraan.

“Kami imbau gunakan kunci ganda. Karena modus curanmor ini selalu menggunakan kelengahan pemilik kendaraan, terutama kunci motor ditinggal saat diparkir,” imbauhnya.

Disebutkan, barang bukti hasil curian yang diamankan dari ke-tiga tersangka yakni 1 unit kendaraan motor, 1 unit leptop dan 9 unit handpone. Akibat perbuatannya tersangka WA dan RI dijerat pasal 363 Kitab Udang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman pidana 7 tahun penjara. Sedangka tersangka SA dijerat pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman pidana 4 tahun penjara. (m2/man)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.