Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Mahasiswa Pertambangan Dituntut Permantap Karakter

62
Pelaksanaan seminar nasional yang di helat Permata Indonesia. (FOTO:SUMARDIN/BKK)

Kendari, BKK- Perhimpunan Mahasiswa Pertambangan (Permata) Indonesia menggelar seminar nasional dengan menghadirkan berbagai narasumber dari beberapa perusahaan. Di antaranya,  PT Aneka Tambang (Antam) Pomala dan PT Gunung Samudera Internasional (GSI).

Salah satu narasumber dari PT GSI, Muh Fahrullah mengharapkan, dengan adanya seminar ini nantinya mahasiswa dapat melaksanakan kaidah pertambangan yang baik dan benar. Baik terkait aplikasi kesehatan dan keselamatan kerja, keselamatan operasional pertambangan, pengelolaan pemantauan lingkungan, serta pemanfaatan teknologi yang hubungannya dengan reklamasi pascatambang.

“Kalau sudah tercapai kaidah  pertambangan yang baik, tentu pengelolaannya juga akan benar semuanya,” ucapnya.

Fahrullah menuturkan, untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di bidang pertambangan, mahasiswa perlu mempermantap dengan praktek tidak hanya teori, mempunyai sertirfikasi pertambangan, menguasai bahasa, sikap, serta tidak kalah penting organisasi pertambangan.

“Jadi,dosen itu tidak bisa membatasi mahasiswa melakukan berbagai kegiatan, itu saya sangat rasakan sendiri manfaatnya karena berbicara dengan mental,” ujarnya.

Fahrullah berharap, ke depan, Permata Indonesia dapat bersinergi dengan pemangku kekuasaan dan birokrasi pemerintahan. Sehingga dapat berkontribusi lebih besar dalam sektor pertambangan.

Sementara itu, Ketua Panitia Muhammad Musafir menuturkan, pihaknya sengaja mengangkat topik atau isu yang  terbilang masih hangat diperbincangkan di masyarakat.

Diungkapkan, seminar ini lebih banyak mengenalkan hasil-hasil pertambangan yang ada di Sultra, khususnya nikel.

“Jadi ketika sudah paham dengan SDA yang dimiliki Sultra di bidang pertambangan, diharapkan  mereka menceritakan di daerahnya masing-masing sehingga mendatangkan investor,” pungkasnya.

Diketahui, seminar nasional ini merupakan rangkaian dari kegiatan temu ilmiah mahasiswa tambang Indonesia dilaksanakan 3-6 Maret di salah satu hotel di Kota Kendari. (r1/man)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.