Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

KPKNL Kendari Edukasi Lelang ke Pemkab Konsel

54

KENDARI, BKK – Dalam Workshop Penghapusan Barang Milik Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dan dalam rangka Bulan Sinergi 112 Tahun Lelang Indonesia, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang merupakan salah satu Eselon I di Kementerian Keuangan melalui kantor vertikal Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kendari (KPKNL Kendari) melaksanakan kegiatan “Edukasi Lelang”.

Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 13 Maret 2020 di Hotel Plaza Kubra Kendari. Kegiatan tersebut telah dibuka sebelumnya Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Konsel, Dr Sahlul SE MSi.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pemaparan materi terkait Penilaian Barang Milik Daerah (BMD) oleh Kepala Seksi Penilaian, Sigit Prasetyo. Sigit, memaparkan ketentuan dan prosedur terkait tata cara penilaian Barang Milik Daerah ke peserta workshop.

Selanjutnya pemaparan terkait pengapusan Barang Milik Daerah melalui Penjulan Lelang BMD yang disampaikan Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Suci Wulandari. Dalam paparannya Suci menyampaikan ketentuan terkait Pengelolaan Barang Milik Daerah berdasarkan Permendagri Nomor: 19 Tahun 2016 yang terkait dengan penghapusan melalui lelang serta ketentuan dalam lelang dalam PMK Nomor: 27 Tahun 2016 dan diselingi dengan diskusi yang antusias dari peserta. Dalam kesempatan ini peserta juga diajak untuk melakukan simulasi lelang.

Dalam kesempatan yang baik ini, Suci menyampaikan agar waspada terhadap penipuan yang bermoduskan lelang dan Suci menegaskan bahwa dalam pelaksanaan lelang yang diselenggarakan oleh KPKNL, uang jaminan lelang (UJL) tidak pernah disetor ke rekening atas nama pribadi, penyetoran UJL dilakukan melalui nomor virtual account (VA) yang diperoleh dari web lelang dan KPKNL tidak pernah menjanjikan siapapun dipastikan menang dalam proses lelang. Suci menyampaikan untuk pelaksanaan lelang, calon peserta lelang dapat melihat di web lelang pada laman www.lelang.go.id.

Acara ditutup oleh Kepala Bidang Aset Pemda Kab. Konawe Selatan, Muhammad Asyhar, S.Ag, SM dengan harapan pemahaman peserta semakin baik terkait penghapusam BMD dengan penjualan melalui lelang, sebagai wujud tertib administrasi dan pengelolaan BMD sesuai ketentuan yang berlaku. (rls)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.