Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Komisi III Minta Pelaksanaan UN Diperketat

76

KENDARI, BKK – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari Rajab Jinik, meminta agar pelaksanaan Ujian Nasional (UN) diperketat.

“Kita minta penyelenggara UN khususnya di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Kendari diperketat, karena kami menilai masih banyak ditemukan pelanggaran Prosedur Opersaional Standar (POS) pada UN,” ujar Rajab Jinik, Senin (16/3).

Dia bilang, pelanggaran yang sering ditemukan pada pelaksanaan UN masih soal teknis. Seperti, sebut dia, masih adanya pelajar yang membawa Handphone (Hp) saat proses UN berlangsung.

“Padahal, jika kita mengikuti aturan POS hal itu (membawa Hp) tidak diperbolehkan. Makanya kami meminta pihak sekolah untuk lebih ketat dalam melakukan pengawasan, karena pelanggaran itu akan menjadi catatan kita. Dan kami tidak menginginkan hal itu terjadi lagi,” paparnya.

Sementara, anggota Komisi III DPRD Kendari La Ode Azhar mengatakan, agar pelaksanaan seperti ini tidak terjadi lagi dibutuhkan peran serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, dalam mempertegas aturan POS UN.

“Dikmudora harus tegas, dengan memberikan sanksi kepada yang melangar. Baik kepada peserta UN maupun pengawas. Sebab, bisa jadi pelanggaran ini terjadi karena ada kerja sama untuk membocorkan soal UN, sehingga menurut saya upaya antisipasi sangat diperlukan,” tandasnya.

Oleh karenanya, dia harap, pada UN tingkat SMP yang akan dalam waktu yang tidak lama lagi akan dilakukan dapat berjalan lancar, sesuai dengan POS yang ditetapkan. (m1/nir)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.