Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Komisi I Usul Pj Sekprov Dijabat Ali Mazi Saja Sekalian

81
Gunaryo. (AINI/BKK)

KENDARI, BKK- Tak kunjung ditetapkannya sekretaris provinsi (sekprov) definitif oleh Gubernur Ali Mazi, membuat Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) angkat bicara. Bahwa jika posisi sekprov tetap diduduki oleh penjabat (pj), pihaknya meminta agar Ali Mazi saja yang jadi pj sekprov.

Sekretaris Komisi I Gunariyo mengatakan, DPRD Sultra khususnya Komisi I sudah kehabisan saran untuk mendorong adanya sekprov definitif. Akan tetapi, sekprov definitif tak kunjung didapatkan. Malahan pj sekprov dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang habis masa jabatannya diisi dengan pelaksana harian (plh) dari asisten III.

“Padahal dari awal kita sudah dorong pemprov agar adanya sekprov definitif. Tetapi sampai saat ini malah menunjuk plh. Makanya, kita usulkan agar pj sekprov selanjutnya dijabat oleh Pak Ali Mazi saja,” ujar Gunaryo, Kamis (4/3).

Menurutnya, jika pj sekda dijabat Ali Mazi akan lebih mudah untuk berkoordinasi dengan posisinya sekarang sebagai gubernur. Dan sangat memungkinkan, karena gubernur adalah pejabat pembina kepegawaian.

“Bisalah Pak Ali Mazi jadi pj sekprov, memungkinkan sekali. Jangankan pj sekda, 18 satuan kerja  perangkat daerah (SKPD) pun pj semua itu memungkinkan,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi I Masyhuri mengatakan, pihaknya sudah berapa kali bersurat pada Kemendagri, sudah berkonsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan berulang kali mengingatkan Pemprov Sultra, kalau sekprov itu harus dijabat oleh sekda definitif.

“Karena kalau pj atau plh itu tidak bisa dengan maksimal menjalankan tugasnya. Tidak bisa menandatangani hal yang berkenaan dengan tanggung jawab gubernur ataupun permintaan keuangan itu tidak bisa,” ujar Masyhuri.

Belum lagi, sambung Masyhuri, masyarakat Sultra kalau ditanya siapa sekprovnya pasti tidak tahu menjawab. Karena sudah bukan main banyaknya pj sekprov kita ini. Sekarang, dari hasil 3 nama calon sekprov yang sudah dihasilkan tim seleksi pun tidak terpakai.

“Nah kalau ada aturan yang memungkinkan, kita di Komisi I DPRD Sultra menyarankan agar Pak Gubernur saja yang jadi sekda, atau setidaknya Wakil Gubernur Lukman Abunawas kembali jadi sekda saja sekalian,” tandasnya. (p5/iis)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.