Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Jaksan Terima Vonis 10 Tahun Terdakwa Pembunuhan Presenter TVRI

56
Tedakwa Achfi Suhasim hendak menjalani sidang putusan perkara pembunuhan Presenter TVRI Kendari. (FOTO:SUHARDIMAN/BKK)

Kendari, BKK- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari legawa dengan vonis 10 tahun penjara yang dijatuhkan kepada Achfi Suhasim (29), terdakwa pembunuhan presenter kondang TVRI Abu Saila alias Aditia.

Dalam sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kelas II A Kendari pada Senin (24/2), hakim menjatuhkan vonis lebih ringan dari tuntutan jaksa selama 12 tahun penjara.

“Kami tuntut 12 tahun penjara, putusnya 10 tahun. Dari pimpinan mengatakan tidak banding karena itu sudah lebih dari 2/3 dari tuntutan. Jadi, kami terima putusan hakim,” ujar Kapala Seksi Pidana Umum (Kasipidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari Nanang Ibrahim saat ditemui di ruangannya, Selasa (3/3).

Nanang mengatakan dakwaan terhadap terdakwa awalnya menggunakan pasal berlapis. Yakni, Pasal 340 Kitab Udang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Pasal 338 KUHP dan Pasal 351 ayat (3).

Namun, sambung dia, fakta persidangan yang terbukti pasal 338 KUHP tentang pembunuhan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

“Alasan tidak menuntut maksimal karena ada hal-hal yang meringankan. Terdakwa berlaku sopan, berterus terang dan mengakui perbuatan. Sehingga kami tuntut 12 tahun penjara,” kata Nanang.

“Hakim berpendapat sama, perbuatan terdakwa melanggar pasal 338 tentang pembunuha biasa. Karena dilakukan seketika, tidak ada perencanaan,” pungkasnya. (m2/man)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.