Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Hari Ini Pemilihan Wawali Kendari

63
Siska Karina Imran

KENDARI, BKK- Pemilihan Wakil Wali Kota (Pilwawali) Kendari akhirnya akan dilakukan hari ini, di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kamis (5/3).

Sebanyak 35 anggota dewan dari 9 partai politik akan memberikan pilihannya di bilik suara untuk menentukan siapa yang akan menjadi orang nomor 2 di Kota Kendari, mendampingi Wali Kota Sulkarnain.

Ketua DPRD Kendari Subhan ST mengatakan, Kamis (4/3), proses pemilihan wawali akan sama seperti saat pemilihan umum (pemilu), yang dimana anggota dewan mencoblos kertas suara yang bergambar salah satu calon yang akan dipilihnya.

Adi Jaya Putra

“Kita ini menjalankan tugas KPU. Jadi, prosesnya Insya Allah akan berjalan aman tanpa ada unsur kecurangan,” terang Subhan.

Sementara itu, menghadapi pemilihan, baik Siska Karina Imran maupun Adi Jaya Putra (AJP) tidak melakukan persiapan apa pun. Mereka hanya menjalankan aktivitas seperti biasa.

“Ibu Siska tidak ada persiapan apa pun, paling hanya jaga kesehatan agar dalam pemilihan beliau bisa hadir. Mengingat memang kesehatan lebih utama,” ungkap Al Habsi Tombili sebagai Ketua Tim Pemenangan Siska.

Senada, Ketua Tim pemenangan AJP, Satria Baikole juga mengungkapkan bahwa AJP melakukan aktivitasnya seperti biasa.

“Persiapan menghadapi pemilihan saya kira tidak ada, kecuali kemarin di saat penyampaian visi misi itu baru ada persiapan karena menyangkut program beliau jika terpilih nanti menjadi wakil wali kota,” tutup Satria.

Satu Lawan Satu

Pilwawali diikuti 2 peserta, Siska yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Adi Jaya Putra yang diutus Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Partai ini merupakan 2 dari 3 partai pengusung pasangan wali kota dan wakil wali kota, Adriatma Dwi Putra dan Sulkarnain (ADP-Sul), dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Parpol ketiga adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memilih tidak mengajukan calon.

Karena terbelit kasus suap, ADP dijebloskan ke dalam penjara dan kedudukannya digantikan Sulkarnain. Kursi yang ditinggal Sulkarnain itulah yang diperebutkan kini.

Siska Diunggulkan

Sebanyak 9 parpol di DPRD Kendari, PAN pemilik 5 kursi, NasDem 4 kursi, Gerindra 4 kursi, PKS 7 kursi, Golkar 5 kursi, Demokrat 5 kursi, PDIP 5 kursi, serta Perindo 2 kursi, dan PKB 1 kursi.

Sampai kemarin (4/3),  hanya 6 parpol yang sudah menentukan sikap bakal memilih siapa.

Siska didukung PAN, NasDem, dan Gerindra. Di pihak AJP ada PKS dan Golkar.

Parpol yang belum menentukan sikap tinggal Demokrat, PDIP, serta Perindo dengan 2 kursi, dan PKB dengan 1 kursi. (m1/iis)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.