Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Gubernur Ali Mazi Usul 3 Proyek Prioritas 2021

75
Ali Mazi

KENDARI, BKK- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi turut menghadiri rapat koordinasi (rakor) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) bersama para gubernur se-Indonesia.

Dalam rakor tersebut orang nomor satu di Bumi Anoa ini mengusulkan 3 proyek prioritas pada 2021 mendatang.

“Pemilihan proyek prioritas nasional dan pengusulan proyek baru pada 2021 merupakan aspirasi masyarakat,” kata Harik, protokoler Gubernur Sultra, Rabu (4/3).

Dikatakan, upaya tersebut dilakukan dalam mendukung major project yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 melalui proyek prioritas Sultra yang sementara dibangun.

“Yakni, pembangunan jembatan Pulau Muna-Pulau Buton dengan proyek prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024; penyediaan peralatan medis rumah sakit (RS) jantung, proyek prioritas Sultra mendukung major project RPJMN 2020-2024; dan penyedian infrastruktur teknologi informasi perpustakaan modern, proyek prioritas Sultra mendukung major project RPJMN 2020-2024,” jelasnya.

Ia melanjutkan, rakor tersebut sebagai tindak lanjut pelaksanaan kick off Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 pada 24 Februari 2020 di Jakarta, yang merupakan penjabaran RPJMN 2020-2024.

“Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020, di dalamnya terdapat 41 proyek prioritas strategis atau major project sebagai fokus dalam RKP. Maka untuk memastikan kesiapan pelaksanaan major project sebelum menyusun RKP 2021 akan diselenggarakan rakor dengan para gubernur seluruh lndonesia,” paparnya.

Lebih lanjut, kata dia, dalam rakor tersebut diharapkan gubernur menyampaikan 3 usulan proyek sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, sesuai yang disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa. (m3/iis)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.