Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

DPRD Sultra Bakal Tinjau Hibah Tanah Pemprov Sultra di 3 Lokasi

83
DPRD Sultra melakukan rapat lanjutan pembahasan atas usul persetujuan hibah lahan pemprov Sultra, Senin (9/3). (FOTO: AINI/BKK).

KENDARI, BKK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal meninjau hibah tanah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra di 3 lokasi, masing-masing kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT Pertamina (Persero), dan Bawaslu Sultra.

Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Sultra La Ode Ali Akbar mengatakan, khususnya pada PT Pertamina, dibuat perjanjian dengan Pemprov Sultra, jika hibah tanah disetujui, PT Pertamina harus memenuhi kewajiban sebagai timbal balik atas tanah yang dilepaskan pemprov.

“Jadi kita buat perjanjian dengan pertamina, kalau misalnya hibah tanah disetujui, ada hal yang perlu disepakati dan apa yang akan diberikan pertamina untuk masyarakat Sultra melalui pemprov,” kata Ali Akbar, kemarin.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Sultra Muhammad Endang SA mengatakan, perlu adanya peninjauan lapangan terlebih dahulu oleh anggota dewan, untuk memutuskan persetujuan hibah tanah pemprov Sultra terhjadap 3 lembaga tersebut.

“Selain itu, perlu adanya klarifikasi terlebih dulu DPRD Sultra dalam hal ini Komisi II dan Komisi III, khususnya hibah tanah untuk pertamina yang belum bersertifikat. Makanya dalam waktu dekat kami akan melakukan peninjauan di lapangan,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi III DPRD Suwandi Andi mengatakan, pihaknya telah mengantongi data-data terkait hibah yang dimaksud, sehingga dapat dikaji dewan sebelum turun lapangan meninjau langsung.

“Kita sendiri di Komisi III sudah memiliki data-data terkait lahan yang dimaksud untuk kemudian dipelajari guna pengambilan keputusan fraksi-fraksi di DPRD Sultra ini,” jelasnya.

Pada dasarnya, ucap dia, proses pemberian hibah tersebut harus melalui proses saringan dewan terlebih dulu, untuk memastikan apakah lahan yang dimaksud memang tidak ada masalah dan bisa dihibahkan. (p5/nir)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.