Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Dorong Sinergisitas, Permata Indonesia Gelar Temu Ilmiah

72
WR I UHO Kendari La Hamimu memukul gong tanda dibukanya temu ilmiah yang dilaksanakan Permata Indonesia. (FOTO:SUMARDIN/BKK)

Kendari, BKK- Sebagai upaya mendorong sinergisitas dengan berbagai pihak, Perhimpunan Mahasiswa Pertambangan (Permata) Indonesia menggelar temu ilmiah di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (3/3).

Jurusan Pertambangan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menjadi tuan rumah pelaksanaan temu ilmiah ini, pasca ditetapkan melalui Musyawarah Nasional (Munas) Permata.

Wakil Rektor (WR) I UHO Kendari La Hamimu memaparkan, untuk  kemajuan sektor pertambangan, mahasiswa perlu ikut terlibat dalam pengelolaan tambang dengan melakukan kajian-kajian akademis atau melalui ide-ide yang konstruktif. Kemudian diusulkan ke kampus maupun pemerintah selaku pengambil kebijakan.

“Perusahaan tambang masih menjadi primadona ke depan. Jadi, penting mempersiapkan sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam yang melimpah di Indonesia. Saya optimis mahasiswa pertambangan bisa bergelut di dalamnya,” ujarnya.

Hamimu mengatakan, perubahan kurikulum saat ini  mengharuskan mahasiswa untuk magang di perusahaan. Maka harus mempersiapkan diri, sehingga tidak mengalami kesulitan saat magang nanti.

“Mahasiswa  harus mempersiapkan bekal sebelum magang, dengan pertemuan ini mahasiswa bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Apalagi di sini hadir beberapa industri perusahaan,” ucapnya.

Sementara, Sekertaris Jenderal Permata Indonesia Ilham Rifki Nurfajar berharap, temu ilmiah ini bisa menghasilkan sebuah rekomendasi dalam merumuskan tantangan industri pertambangan saat ini.

“Harapanya teman-teman mahasiswa bisa menjawab tantangan tata kelolah industri pertambangan dan menelurkan sebuah karya tuli dan ide ilmiah yang berbasis data, sehingga bisa disampaikan kepada pemerintah atau pemangku kepentingan,” katanya. (r1/man)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.