Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Direktur Unsultra: Endang Paranoid

71
Rombongan Pascasarjana Hukum Unsultra menjalani screening corona sepanjang study tour.

KENDARI, BKK- Direktur Pascasarjana Hukum Universitas Sulawesi Tenggara (Sultra) LM Bariun menyebut Wakil Ketua DPRD Sultra Muh Endang SA terlalu paranoid sampai meminta Lukman Abunawas diperiksa kesehatannya sepulang dari study tour di Malaysia dan Singapura.

Hal itu disampaikan Bariun, Kamis (5/3), menanggapi pernyataan Endang sehari sebelumnya.

“Endang jangan buat gaduh, paranoid dia, cuma merabah. Kami rombongan di sini sehat walafiat, aman dari isu Covid-19. Karena di setiap perjalanan, setiap tempat ada screening-nya,” ujar Bariun.

Pihaknya meminta Endang untuk melakukan perjalanan ke Malaysia dan Singapura, agar mengetahui situasi dan kondisi terkait. Bahwa di sana, hampir tidak terlihat masyarakat maupun wisatawan yang menggunakan masker.

“Artinya, kondisi di sini aman. Justru kita ada imbauan agar tidak menggunakan masker. Cuma, sesekali kita gunakan, semata-mata untuk kewaspadaan,” tuturnya.

Meski demikian, Bariun mengapresiasi perhatian Endang pada rombongan study tour-nya. Namun dinilai keliru, karena tidak mengetahui secara pasti situasi dan kondisi di Malaysia dan Singapura.

Diketahui, Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Lukman Abunawas turut serta dalam rombongan study tour mahasiswa pascasarjana hukum Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) di Malaysia.

Wagub yang juga berstatus sebagai mahasiswa Unsultra, mengikuti program Benchmarking International Learning Experience di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Beri Contoh pada Masyarakat

Sehari sebelumnya, Endang berujar, mengingat merebaknya wabah virus corona yang sudah sampai di Indonesia, maka pejabat Sultra juga harus menunjukkan ke masyarakat bahwa penting untuk melakukan antisipasi sedini mungkin.

“Saya dengar Pak Wagub lagi di luar negeri. Kalau memang protokolnya bahwa orang yang dari bepergian ke luar negeri itu harus diperiksa suhu badannya segala macam, saya minta agar Pak Wagub memberikan contoh untuk diperiksa, sebelum masuk ke Indonesia, apalagi di Kendari ini,” ujar Endang di ruang kerjanya, Rabu (4/3).

Tidak hanya Wagub, Endang juga meminta, agar rombongan lainnya dalam study tour tersebut harus benar-benar diperiksa suhu badannya dengan alat pendeteksi corona untuk menghindari penyebaran virus corona di Sultra. (p5/iis)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.