Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Antusias Masyarakat Tinggi, Picu Pelaporan SPT Meningkat

68

Posko pelaporan SPT. (FOTO: WATY/BKK)

KENDARI, BKK – Awal tahun ini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan pada wajib pajak. Pemberian pelayanan yang baik terus memicu antusiasme masyarakat dalam melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT).

Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari Lilis Teguh Heriyanto mengatakan, untuk memaksimalkan pelaporan SPT, pihaknya melakukan sosialisasi dan asistensi langsung kepada masyarakat mengenai pelaporan pajak.

“Tahun ini, kami melakukan sosialisasi dan asistensi pelaporan SPT di sejumlah lokasi. Seperti, BPKAD Sultra, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Mall Mandonga, dan Lippo Mall Kendari,” ungkapnya saat ditemui di Kendari, Kamis (5/3).

Dijelaskan, untuk batas akhir pelaporan SPT bagi wajib pajak orang pribadi pada 31 Maret, sedangkan untuk wajib pajak badan pada 30 April.

Kata dia, kegiatan sosialisasi dilakukan untuk mengoptimalkan jumlah pelapor SPT, agar gaungnya lebih terdengar.

“Per 4 Maret tahun ini tercatat sudah 42.304 wajib pajak orang pribadi yang melaporkan pajak secara e-filling  (penyampaian SPT secara online dan real time), serta 288 orang secara e-SPT (penyampaian SPT secara offline melalui aplikasi form viewer miliki DJP). Dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, terjadi lonjakan jumlah pelapor pajak yang cukup signifikan,” tuntasnya. (p4/nir)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.