Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Pemkab Butur Bakal Miliki Gedung UTD

80
Muhammad Kasrul

BURANGA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) bakal membangun gedung unit transfusi darah (UTD) beserta Alat Kesehatan (Alkes) dan bahan medisnya.

Pembangunan gedung tersebut menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020 senilai Rp 1,2 miliar dengan rincian pembangunan gedung UTD sebesar Rp 950 juta, sedangkan untuk Alkes dan bahan medis senilai Rp. 255 juta lebih.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Butur, Muhammad Kasrul menjelaskan pengadaan kedua paket tersebut untuk menjawab kesulitan terkait pelayanan darah.

Pasalnya, sambung dia, selama ini warga atau pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Butur yang membutuhkan transfusi darah, masih harus mengambil kantong darah ke Kota Kendari atau Baubau.

“Pengerjaan konstruksi gedung UTD sudah mulai digarap rekanan pada Mei mendatang. Semoga pengerjaannya bisa berjalan mulus dan tuntas tepat waktu. Insyaallah pemanfaatannya itu mulai bulan Oktober 2020,” katanya.

UTD ini nantinya akan menjadi UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) di bawah naungan Dinkes Butur. “Statusnya sebagai UPTD Dinkes. Pimpinannya harus dilantik dulu,” pungkasnya. (Dar/r4)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.