Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Antisipasi Pilwali 2022, KPU Kendari Mulai Lakukan Pemutakhiran Data Berkelanjutan

88

KENDARI, BKK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari mulai melakukan pemutakhiran data berkelanjutan dan melakukan Partisipasi serta sosialisasi pemilih guna menghadapi wacana akan dilakukan Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kota Kendari di 2022.

Komisioner KPU Kendari bidang Divisi Perencanaan Data dan Informasi La Ndolili, Rabu (26/2) mengatakan, wacana yang berkembang terkait agenda pelaksanaan pilwali dilakukan 2022, masih akan dibahas DPRD setelah pilkada serentak di 2020 selesai.

“Jadi di UU 10 Tahun 2016 itu akan direvisi terbatas oleh DPRD setelah Pilkada Serentak 2020. Makanya kita mulai siap jika memang nantinya pilwali itu dilakukan 2022. Tapi jika memang pilwali dilakukan 2024 maka wali kota akan dijabat sementara selama 2 tahun menunggu Pemilu 2024,” beber La Ndolili.

Meskipun jadwal pilwali belum pasti apakah di 2022 atau 2024, tetapi KPU Kendari sudah menunggu setiap data kependudukan yang terkonsolidasi setiap 6 bulan sekali dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita harus siap apapun yang ditetapkan nantinya. Sehingga pemutakhiran data berkelanjutan setelah pemilu kemarin sangat penting dilakukan,” terang La Ndolili.

“Untuk saat ini posisi daftar pemilih tetap (DPT) Kota Kendari itu ada 208.846 pemilih. Dan data ini akan mengalami pertambahan nanti di pilwali. Karena masih banyak warga Kota Kendari yang belum melakukan perekaman e-KTP,” tambahnya.

Di tempat berbeda, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari Sulkarnain mengungkapkan, bahwa dalam pilwali nanti akan ada tambahan pemilih yang cukup signifikan.

“Masih ada sekitar 20.000 warga Kota Kendari yang belum melakukan perekaman atau sudah melakukan perekaman tetapi belum mendapatkan KTP elektronik, sehingga itu akan menjadi tugas kita kedepan untuk melayani 20 ribu tadi agar bisa mendapat KTP,” tutup Sulkarnain. (m1/iis)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.