Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

BI Minta BNI Tingkatkan Pengamanan ATM-nya

119

Kendari, BKK- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) meminta Bank Negara Indonesia (BNI) Kendari meningkatkan pengamanan di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) miliknya, untuk menghindari terjadinya kejahatan skimming.

Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah KPwBI Sultra Irfan Farulian mengingatkan, Selasa (21/1), kejahatan digital tidak pernah berhenti menyasar berbagai kalangan.

Bank Indonesia terus berupaya agar masyarakat mewaspadai terjadinya skimming yang menyebabkan transaksi keuangan di buku tabungan langsung terpotong saldonya.

“Kejahatan skimming ini dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Kita juga sudah menerima berita hari ini bahwa terjadi skimming pada nasabah BNI,” ujarnya

Dia bilang, kejahatan skimming terus terjadi, biasanya oknum tersebut memanfaatkan situasi dan kondisi. Para nasabah yang menjadi korban skimming, kebanyakan menggunakan kartu ATM chip.

Dia mengakui, meski diberikan tingkat pengamanan pada kartu ATM chip, namun bisa juga dijebol. Masih belum aman, karena masih bisa di-skimming. Karena itu, langkah yang bakal dilakukan BI yakni memanggil pihak BNI agar bisa melakukan koordinasi.

“Kami imbau ke perbankan agar wajib bertanggung jawab atas kerugian nasabah. Memasang alat pengamanan transaksi di tiap-tiap mesin ATM dengan menyiapkan CCTv dan perketat penjagaan di mesin-mesin ATM,” katanya.

Pihaknya juga meminta agar nasabah meningkatkan kewaspadaan. Melakukan pengecekan transaksi di saldo nasabah.

“Untuk menghindari terjadinya skimming, nasabah harus waspada melakukan transaksi, hindari transaksi di luar jam operasional, mengawasi keamanan di tempat-tempat transaksi,” tutupnya. (m4/iis)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.