Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Warehouse Pertanian Berbasis Mekanisasi Konsel Resmi Beroperasi

118
Peresmian Warehouse Pertanian Berbasis Mekanisasi Konsel. (YUSRIL/BKK)

ANDOOLO, BKK – Warehouse (Gudang Serbaguna) Alat Mesin Pertanian (Alsinstan) Konawe Selatan (Konsel), yang juga merupakan satu-satunya di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bahkan wilayah Indonesia Timur ini resmi beroperasi.

Peluncuran Warehouse Pertanian Korporasi Berbasis Mekanisasi (PKBM) yang berlokasi di Desa Ambakumina, Kecamatan Laeya, di tandai dengan pengguntingan pita oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Sarana dan Prasarana Pertanian Kementan RI, Indah Megawati bersama Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, Minggu (25/11).

Turut mendampingi Wakil Bupati (Wabup) H Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda) H Sjarif Sajang, dan Pelaksana Tugas (Plt) Kadis DTPHP Konsel Nana Sudarna, dan Kabag Humas Konsel Gunawan Syah.

“Sebelumnya saya menyampaikan permohonan maaf karena Mentan Syahrul Yasin Limpo serta Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementan RI Dr Sarwo Edhy, yang seyogyanya hadir meresmikan Warehouse (WH), namun karena bersamaan menghadiri penanaman perdana di Tulungagung dan rapat penting, sehingga kedunya tidak bisa hadir,” kata Indah Megawati mengawali sambutannya.

Dikatakan, Mentan sangat berterima kasih dan mengapresiasi Bupati Konsel H Surunuddin Dangga atas dukungan kegiatan percontohan PKBM ini, dengan menyediakan lahan seluas 4,2 hektare (Ha) untuk dibangun WH yang bertujuan untuk optimalisasi pemanfaatan Alsintan dan modernisasi pertanian.

“Kami ingin pengelolaan WH yang didampingi Perguruan Tinggi, Perteta, dan Distan. Dengan harapan, dapat lebih mengoptimalkan pemanfaatan bantuan Alinstan Kementan yang telah disalurkan kepada Gapoktan, UPJA, dan Distan Konsel bahkan se-Sultra,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan Kementan, sehingga WH ini dapat dioperasikan.

“Kami berterima kasih dengan adanya WH ini, untuk itu peluncurannya kami hadir lengkap bersama wabup, sekda, dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), serta Gapoktan sebagai bukti keseriusan kami dalam rangka mendorong kerja sama dengan Pemerintah Pusat dan meningkatkan hasil pertanian di daerah kita,” tuntas Surunuddin. (cr2/r2)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.