Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Provinsi Jatim Pamerkan Melon Hati di HPS

45

KENDARI, BKK – Pameran komoditas pangan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang di pusatkan di pelataran Tugu Religi Eks MTQ Kendari, kini sudah resmi di buka mulai tanggal 2-5 November 2019.

Sebanyak 126 stand pameran perwakilan se- indoensia yang terdiri dari 3 stand pameran Kementerian, Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, 30 stand pameran Provinsi, 50 stand pameran kabupaten, 17 stand pameran kota, dan 26 stand pameran BUMN. Setiap stand pemeran komoditas pangan menghadirkan produk-produk unggulan dari provinsi masing-masing daerah.

Salah satu stand yang paling banyak mencuri perhatian pengunjung yakni stand dari Provinsi Jawa Timur (Jatim) karena memamerkan produk unggulannya yakni buah melon yang berbentuk segi empat dan berbentuk hati.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Ir H Sulistio mengatakan, selama ini konsumsi masyarakat Indonesia kebanyakan impor, sehingga, di momen HPS itu merupakan kesempatan bagi setiap daerah untuk memperkenalkan produk unggulan dari masing-masing daerah dimata masyarakat luas.

“Kami ingin memperkenalkan kembali produk-produk unggulan dari provinsi Jatim seperti Melon berbentuk hati, Nanas Madu, Belimbing, beras organik, serta tanaman hidroponik, sehingga masyrakat tidak tergantung lagi pada impor,” ungkapnya, Minggu (3/11).

Ia menjelaskan, produk unggulan Provinsi Jatim itu seperti Nanas Madu dari Kabupaten jember, Belimbing, Mangga gadung dari Kabupaten Pasuruan, dan Melon hati yang bentuknya unik dan memiliki daya tarik sehingga ada nilai tambahnya.

“Di era milenial sekarang, petani melon dituntut untuk berinovasi, salah satunya dengan mengembangkan bentuk buah melon yang berbeda pada umumnya,” katanya.

Melon unik merupakan hasil tanaman yang dikembangkan oleh Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (PATPH). Bentuk melon yang berbeda dari biasanya yakni berbentuk kotak dan hati. Hal inilah yang akan menjadikan daya tarik dan bisa meningkatkan harga jual.

“Harapanya di momen HPS dapat memperkenalkan produk lokal dari Jatim di mata masyarakat, sehingga bisa dilirik dan dapat memperluas pemasaran produk unggulan kami,” tutupnya. (p4/r2)

Comments are closed.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"