Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Pemkab Buteng Optimis Mete dan Ikan Teri Bakal Ramaikan Pasar Ekspor

44
Stand Buteng. (FOTO: WATY/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng), optimis mete dan ikan teri bakal meramaikan pasar ekpor.

Oleh karenanya, Pemkab Buteng terus memaksimalkan pengembangan komoditas unggulannya. Kali ini, melalui momen Hari Pangan Sedunia (HPS), Pembak Buteng memanfaatkannya untuk memperkenalkan 2 produk unggulannya, yakni jambu mete dan ikan teri.

Kepala Dinas Pangan Buteng Sirudin mengatakan, sampai saat ini Pembak Buteng terus mengoptimalkan pengembangan komoditas unggulan hingga di kancah dunia. Pasalnya, pihaknya sangat optimis semua hasil olahan pangan yang dipamerkan pada HPS ke-39, akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Buteng.

Dia bilang, ke-2 komoditas unggulan Buteng (Mete dan Ikan Teri) telah di ekspor ke negara asean, namun produk tersebut masih menggunakan nama daerah lain.

“Sayangnya masih menggunakan nama daerah lain walaupun penghasilannya dari Buteng. Meski begitu, kami sangat yakin ke depan mete dan ikan teri bakal meramaikan pasar ekspor di Sultra,” ungkapnya, Senin (4/11).

Lebih lanjut, dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya hasil pengolahan alam di Buteng mampu menembus pasar global. Misal, sebut dia, hasil perkebunan dan rumput laut. Termasuk mengembangkan pengelolaan jambu mete kentaki, dan sambal ikan teri.

“Hampir setiap rumah tangga sebagian besar punya usaha budidaya rumput laut. Di pameran ini kami perkenalkan kepada tamu, rumput laut dalam bentuk olahan keripik,” jelasnya.

Dia menambahkan, potensi pangan lokal di Buteng diharapkan bisa meramaikan industri perdagangan luar negeri. Karena, aku dia, sangat banyak komoditi lokal yang bisa bersaing dengan produk luar negeri.

“Olehnya itu, selain jambu mete dan ikan teri, stand Kabupaten Buteng juga memamerkan puding ubi jalar ungu, Juwawut, abon ikan, keripik ubi, keripik pisang yang total pangan olahannya sekitar 25 olahan,” tutupnya. (p4/r2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"