Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Awal September, Jemaah Haji Kolaka Dipulangkan

144
Rapat Persiapan Pemulangan Jamaah Haji di Aula rapat SMS Berjaya

KOLAKA,BKK – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Kolaka kini tengah melakukan persiapan, guna melayani pemulangan jemaah haji asal Kolaka yang dijadwalkan awal September 2019.

Dalam rangka persiapan itu, Selasa (20/8),  PPIH Kolaka menggelar rapat bersama di Aula SMS Berjaya Kantor Bupati Kolaka. Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kolaka Muhamad Jayadin.

Jayadin yang juga sebagai Kepala PPIH  Kolaka berharap agar sebelum pemulangan jemaah haji, panitia dapat melakukan persiapan dengan mantang. Salah satunya meninjau lapangan di Bandara Sangia Nibandera, khususnya terkait tempat parkir agar proses penjemputan jemaah berlangsung aman dan tertib.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kolaka Alimuddin mengatakan, pemulangan jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 28 dijadwalkan tiba di Debarkasi Makassar pada 7 September 2019. Sementara, 73 jemaah haji yang tergabung pada kloter 30 dijadwalkan tiba di Debarkasi Makassar keesokan harinya.

“Jemaah haji kita menginap satu malam di Asrama Haji Sudiang Makassar,” ujar Alimuddin.

Alimuddin menyebutkan, jemaah haji kloter 28 kemudian diberangkatkan menuju ke Kolaka pada 8 September 2019, melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Sangia Nibandera Tanggetada. Sebanyak 413 jemaah haji akan dibagi dalam enam kali penerbangan.

Sementara 73 jemaah haji yang tergabung di kloter 30, lanjutnya, diberangkatkan ke Kolaka pada 9 September 2019.

Perihal upacara penerimaan jemaah haji, kata dia, bakal dilakukan di Bandara Sangia Nibandera.

Koper dan tas jinjing jemaah haji, lanjutnya, akan didistribusikan menggunakan truk melalui Pelabuhan Bajoe menuju Pelabuhan Kolaka. Para jemaah bisa mengambil barang bawaannya itu kepada panitia di Kantor Kemenag Kolaka.

“Jadi koper dan tas jemaah haji dibawa ke Kantor Kemenag Kolaka. Jemaah haji nanti mengambil di panitia koordinator barang bawaan di kantor,” jelasnya.

Sejauhnya ini, tambahnya, kondisi kesehatan jemaah haji Kolaka seluruhnya masih dalam keadaan sehat. Ia berharap hingga sampai di Bumi Mekongga semua jemaah tetap berjumlah utuh dan dalam kondisi sehat. (k1/nur)

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.