Pendidikan

Tim Medis UHO Target di Lokasi Banjir Sampai Keadaan Kondusif

Suasana foto bersama Tim Medis UHO sebelum keberangkatan di Konut. (FOTO: HUMAS UHO)

 KENDARI, BKK- Tindak lanjut musibah bencana banjir, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) menurunkan  Tim medis Fakultas Kedokteran (FK) UHO, sejak Senin (10/6) di dua lokasi yakni Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Konawe yang berdampak banjir dari lima Kabupaten.

Tim Medis UHO sendiri direncanakan akan berada di lokasi sampai dua Minggu kedepan, dan atau sampai keadaan  diambil alih oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat

Koordinator Tim medis UHO, dr Ashaeryanto mengatakan, saat ini Tim Medis UHO sudah berkoordinasi dan bergabung dengan Dinkes dan Ikatan Dokter Indonesia di Konawe Utara (Konut). Kata dia, langsung melakukan kunjungan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), pengungsian, serta mengindentifikasi permasalahan yang dialami masyarakat terdampak banjir.

Lanjut Ashaeryanto, sekaligus pihaknya bakal membuka posko pengobatan di tempat pengungsian yang didirikan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Di mana Sampai saat ini sudah tampak  penyakit yang dialami para pengungsi.

“Sampai saat ini memang dilokasi pengungsian warga kekurangan tenaga medis. Terutama, membutuhkan tenaga dokter, ditambah pengungsi Sudah banyak yang terserang penyakit,” ujarnya, Selasa (11/6)

Beber dia, dengan datangnyaTim Medis UHO dilokasi pengungsi para pengungsi merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan dokter. Aku dia, walaupun masih keterbatasan dokter.

Sehingga, esok harinya (hari ini red) pihaknya akan mengirimkan tambahan dokter di dua Kabupaten tersebut. Disamping, ada beberapa mahasiswa UHO tahap akhir yang tinggal  menunggu wisuda dokternya yang mempunyai kemampuan di bidang medis turut membantu.

“Mahasiswa tersebut membantu menyiapkan obat-obatan, pemeriksaan dan lainnya. Selain, kita akan  melakukan rolling  dokter setiap tiga hari sekali dalam satu tim untuk memaksimalkan kerja tim,” ucapnya.

Diketahui, Tim Medis UHO sendiri telah menyiapkan berbagai obat-obatan yang dibutuhkan. Guna mengantisipasi berbagai penyakit yang biasa menyerang dikala terjadi banjir yakni Gatal-gatal, diare, kutu air, serta berbagai penyakit kulit lainnya. (cr1)

To Top