Lingkar Sultra

Pasar Sore Desa Kalibu Akan Ditutup, Mahasiswa Protes

Darso/BKK
Kelompok mahasiswa menggelar aksi protes atas penutupan Pasar Sore Desa Kalibu.

BURANGA, BKK- Sekelompok  mahasiswa asal Desa Kalibu Kabupaten Buton Utara (Butur) meradang lantaran keluarnya surat pemberitahuan penertiban pasar sore di desanya. Surat tesebut dikeluarkan pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, perihal pemberitahuan agar para pedagang dapat membongkar sendiri lapak atau kiosnya.

Di dalam surat itu, ditekankan kalau pun para pedagang tidak melakukannya pembongkaran, maka pihak Satpol PP akan turun langsung melakukan pembongkaran secara paksa. Kemudian, isi surat itu menekankan kepada para pedagang untuk kembali berjualan di Pasar Minaminanga.

Atas keluarnya surat tersebut,  kelompok mahasiswa asal Desa Malibu ini menggelar unjuk rasa, Selasa (11/6). Mereka meminta agar pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur tidak semena-mena menutup aktifitas pasar sore itu, karena dianggap telah tumbuh berkembang dan menunjang keberlangsungan ekonomi masyarakat.

“Kemudian, kami meminta kepada Pemkab Butur untuk melakukan cara-cara yang komunikatif, dialogis, bijak dan tidak menutup aktivitas jual beli yang terjadi di pasar sore Desa Kalibu,” tegasnya. (r5/nur)

To Top