Aktualita

Di Muna, UN SMP Lulus 100%

RAHA, BKK- Dengan banyak menggelar kegiatan ekstrakurikuler yang berlakukan jam nol di semua sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Muna, akhirnya membuahkan hasil gemilang. Dalam Ujian Nasional (UN) SMP yang digelar pada 22 sampai 25 April lalu, seluruh peserta UN SMP yang berjumlah 4.808 orang, lulus 100%.

Prestasi ini, kata kepala Bidang (Kabid) SMP La Asarumada SPd MSi, sesuai dengan target Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muna.

“Target kita tiap tahun harus lulus 100% dalam UN SMP. Alhamdulilah tahun ini dari total 4.808 murid SMP yang ikut UN di Kabupaten Muna, kita lulus 100%,” terangnya, Selasa (11/6).

Menurut dia, pencapaian kelulusan 100% dalam UN SMP bukanlah perkara mudah. Jauh-jauh hari Disdikbud sudah menginstruksikan adanya kegiatan belajar tambahan di semua SMP dengan memberlakukan jam nol.

“Agar target lulus 100% tercapai, di semua SMP kita instruksikan agar melakukan tambahan jam belajar yaitu jam nol,  yaitu belajar dari jam 6 sampai jam 7 pagi,” tambah La Asarumada.

Sedangkan semua pembiayaan tambahan jam belajar itu , lajut dia, dibiayai dengan dana BOS.

“Guru guru yang mengajar di jam nol, dibiayai dengan dana BOS, namanya dana transportasi. Jadi, silakan para guru dan murid berkreasi untuk menambah ilmu pengetahuan mereka pada setiap mata pelajaran, terutama yang di-UN-kan,” tandas pria yang pernah mengikuti kejuaran dunia Karate di Italia ini.

Masih dari La Asarumada, dijelaskannya pula jika hasil UN SMP 2019 di Muna sangat memuaskan.

Seperti mata pelajaran Bahasa Inggris dengan nilai tertinggi yaitu 78, 59 yang diraih oleh peserta Uan dari SMPN 1 Wakorsel. Sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai tertinggi diraih peserta UN dari SMPN Satap 1 Maligano.

Kemudian untuk mata pelajaran Matematika nilai tertinggi diraih peserta UN dari SMPN Satap 3 Marobo dengan nilai 82, 88 dan untuk mata pelajaran IPA nilai tertinggi diraih peserta UN dari SMPN Satap 1 Kabawo dengan nilai 70, 79. (tri/iis)

To Top