Aktualita

Inspektorat Sultra Kekurangan Auditor

Gusti Pasaru. (FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Sampai saat ini, Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih terkendala  sumber daya manusia (SDM) dari segi jumlah dan kualitas. Inspektorat sekelas pemprov seharusnya memiliki tim di bidang auditor berjumlah minimal 60 orang. Namun faktanya hanya terdapat sekitar 32 orang.

Keluhan ini datang dari Kepala Inspektorat Sultra Gusti Pasaru, Selasa (14/5). Ia mengatakan, pihaknya telah lama bersurat ke Gubernur melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra berkait perekrutan pegawai di bidang auditor.

“Juga mengusulkan kebutuhan saat ini serta kualifikasi pendidikannya. Pihak BKD yang akan memilih nantinya, tapi (harapan kami) betul-betul diseleksi sesuai kebutuhan inspektorat,” katanya.

Sayangnya, kata dia, hingga kini belum juga selesai. Ia menduga, kemungkinannya karena yang membutuhkan SDM bukan hanya Inspektorat melainkan instansi lain juga.

“Jadi, kita sabar-sabar saja dulu,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, Inspektorat juga butuh SDM yang kompeten dan berkualitas, baik tenaga ahli di bidang teknik sipil, ekonomi, pertanian.

“Tugas inspektorat sangat berat sekarang. Jadi, kita bukan hanya memeriksa tapi juga mengawal mereka. Mengawal bagaimana OPD mengerjakan tugasnya dalam koridor yang benar. Jadi, kami tidak menunggu masalah terjadi tapi mencegah masalah terjadi, agar pembangunan daerah kita dapat berjalan dengan baik,” paparnya. (p3/iis)

.

ARSIP

To Top