Headline

Duda dan Janda Pensiunan PNS Dapat 2 THR Tahun Ini

Ilustrasi

KENDARI, BKK- Kabar baik untuk para pensiunan pegawai negeri sipil (PNS), terutama bagi janda dan duda yang pasangannya juga berstatus pensiunan PNS. Pembayaran tunjangan hari raya (THR) tahun ini akan dibayarkan kepada keduanya walaupun salah satunya sudah meninggal.

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan dan Pemasaran PT Taspen Cabang Kendari Muslimin menegaskan itu pada Selasa (14/5).

Sebab itu, Muslimin menyebutkan bahwa untuk pembayaran THR bagi para pensiunan di Sultra pada tahun ini bakal meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Dengan adanya peraturan baru untuk pembayaran THR bagi pensiun, otomatis pembayaran THR di 2019 ini bakal meningkat jika dibandingkan sebelumnya,” ucapnya.

Ia melanjutkan, pada 2018 pensiunan hanya mendapatkan satu kali THR bagi individu pensiun yang memiliki suami atau istri pensiunan yang meninggal.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019, pembayaran THR tahun ini dua-duanya dibayarkan.

“Jadi, satu pensiun bisa mendapatkan dua kali THR. Artinya, satu untuk pensiunnya sendiri dan yang kedua penerimaan pensiun janda atau duda dari istri atau suaminya yang meninggal,” rinci Muslimin, Selasa (14/5), saat ditemui di ruang kerjanya.

Jumlah pensiunan penerima THR di Sultra tercatat sebanyak 24 ribu orang, tersebar di 17 kabupaten dan kota.

“Semua pensiunan berhak mendapatkan THR yang dikucurkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019,” ucapnya.

Masih kata dia, dananya sendiri belum pasti berapa nominalnya, masih dilakukan proses pembayaran.

Pembayaran THR bagi pensiun akan dilakukan serentak pada 24 Mei, yang bisa dicairkan melalui mitra kerja Taspen.

Jumlah pensiun terbanyak ada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, kemudian Kota Kendari.

Dirinya berharap bahwa Taspen tetap meningkatkan pelayanan dan bagi mitra bayar, agar membayarkan THR tepat waktu.

Dia menambahkan, mitra kerja Taspen bakal diberikan pemberitahuan agar menyalurkan THR hingga kepelosok dan tetap waktu. Agar para pensiun bisa menerima THR sebelum lebaran.

“Saya berharap mudah-mudahan dengan adanya THR ini bisa bermanfaat bagi pensiunan dan mitra Taspen bisa membayarkan THR tepat waktu,” pungkasnya. (p4/iis)

To Top