Lingkar Sultra

2 Investor Asing Jajal Bisnis di Baubau

Armin

BAUBAU, BKK- Sebanyak 2 investor asing dari Korea dan Amerika kini menjajal bisnis di Kota Baubau.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Baubau mencatat, kedua investor asing ini menanamkan modal dengan bisnis yang berbeda. Investor dari Korea berinvestasi di bidang peternakan, sedang  yang dari Amerika  bergerak di bisnis biro perjalanan atau lebih spesifik yakni usaha diving atau penyelaman profesional.

Kepala Dinas PTSP Armin menyebutkan, bisnis peternakan yang dilakoni investor Korea ini bila ditinjau dari skala modal masuk dalam kelas menengah ke atas. Saat ini usaha tersebut sudah mulai beroperasi tapi belum bisa melayani kebutuhan masyarakat Kota Baubau.

“Kita masih ketergantungan dari daerah luar karena kita ini kan juga ikut melayani daerah sekitarnya,” katanya.

Usaha peternakan ini, kata dia, telah ditinjau berdasarkan kelayakan dan peruntukan ruang. Semua aspek itu telah dipenuhi.

Armin menambahkan, peninjauan lokasi peternakan itu dilakukan awal 2019 lalu. Lokasinya di Kecamatan Sorawolio.

“Lokasinya itu dibagian Sorawolio, jauh dari pemukiman. Jadi untuk peruntukan ruang memenuhi,” katanya.

Ia mengaku, Pemerintah Kota Baubau tetap membuka ruang bagi investor baik dari dalam mapun luar negeri untuk menjajal kerjasama sebanyak-banyaknya. Sepanjang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Pemda tidak akan mempersulit investor yang ingin masuk, karena itu juga penting bagi daerah. Tidak perlu juga kita persulit pengusaha, tetapi harus sesuai ketentuan. Bila sesuai maka silahkan berinvestasi,” katanya. (cr3/nur)

.

ARSIP

To Top