Aktualita

Golkar Memimpin, PKPI Terendah

Direktur THI, Naslim Sarlinto Alimin saat memberikan keterangan pers, Kamis (18/4) malam. (FAYSAL/BKK)

– Estimasi Perolehan Suara 16 Parpol di Sultra Versi THI

KENDARI, BKK – Berdasarkan hasil hitung cepat atau Quick Count lembaga survei The Haluoleo Institute (THI), dari 16 partai politik (parpol) yang terdaftar di Sulawesi Tenggar, Partai Golkar mendapatkan urutan pertama, sedangkan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) masuk kategori nomor terakhir atau terendah.

Direktur THI, Naslim Sarlinto Alimin mengatakan dari jumlah 16 parpol yang terdaftar, Golkar mendapatkan estimasi perolehan suara sebesar 16,40 persen dan PKPI 0,2 persen.

“Sementara urutan kedua diraih oleh Partai Demokrat dengan nilai 14,5 persen, selanjutnya posisi tiga besar oleh PDI-Perjuangan dengan nilai 13,6 persen,” katanya kepada wartawan saat memberikan keterangan persnya, Kamis (18/4) malam.

Sementara empat besar sampai pada 10 besar diaraih oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dengan nilai 12,5 persen, menyusul Partai Gerindra 11,2 persen, Partai NasDem 7,4 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6,1 persen, serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 5,2 persen.

“Kemudian Partai Persatuan Pembangunan dengan nilai 4,7 persen dan Partai Bulan Bintang sebesar 2,3 persen,” ucapnya.

Sementara untuk urutan 11 sampai 16 besar urutan pertama Partai Perindo dengan nilai 1,7 persen menyusul Partai Berkarya 1,5 persen dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebesar 1,3 persen.

“Kemudian Partai Hanura dengan nilai 0,9 persen, Partai Garuda 0,5 persen dan terakhir PKPI dengan nilai 0,2 persen,” paparnya.

THI melakukan survei dengan teknik pertemuan sampel multistage random sampling dengan jumlah sampel 471 TPS. Sampel tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh kabupaten/kota se-Sultra dengan sampling error sekitar 1 persen. (p3)

To Top