Aktualita

40 TPS di Sultra Berpotensi PSU

Hamiruddin Udu (FOTO: IST)

KENDARI, BKK – Dua hari setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Badan Pengawasan (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah berhasil mengumpulkan 40 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diaktifkan menggunakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Sultra.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu, saat menghadiri “Ngopi Bareng” Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra di Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (19/4) mengatakan, 40 TPS tersebut tersebar di beberapa daerah seperti Kota Baubau, Kabupaten Kolaka, Kota Kendari, dan Kabupaten Konawe Utara.

“Yang sudah disetujui itu ada 25 TPS, tapi tadi malam sampai pukul 00.35 Wita, sudah ada 40 TPS yang diterima PSU. PSU paling banyak di Baubau dengan 14 TPS, TPS Kolaka 9, TPS Kota Kendari 4, dan TPS Konut 4, ”sebut Hamiruddin.

Hamiruddinmenerangkan, dibahas PSU karena sudah ada 25 TPS yang telah disetujui untuk dilakukan PSU dan masih ada 15 TPS yang saat ini sedang diproses persetujuan.

“Menyebabkan PSU, jika saya melihat dari laporan oleh Bawaslu kabupaten / kota sebagian besar mewakili pemilihan yang mencoblos di TPS, tetapi orang tersebut tidak terdaftar di dalam DPT, dan DPTb,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, ada pemilih yang beralamat di luar daerah atau kabupaten/kota ataupun di luar Sultra, datang memilih tetapi tidak membawa Formulir A5. Ada juga pemilih yang membawakan A5, tetapi mereka memberi 5 surat suara yang semestinya harus dilihat sesuai pemilihan daerah (dapil).

Menurut Hamiruddin, jika pemilihannya pemilihan A5, maka pemilihan PSU hanya akan dilakukan Pemilu tingkat DPRD kabupaten / kota dan DPRD provinsi. Sementara untuk PSU Capres / Cawapres, DPR RI, dan DPD RI, Bawaslu anggap tidak perlu lagi diulang.

“Yang diulang adalah DPRD Kabupaten dan DPRD Provinsi. Akan tetapi banyak yang saya lihat, kasusnya itu yang lima jenis. Berarti PSU dari DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten / kota. Terulang yang begini, adalah karena dia adalah pemilih dari luar, yang semestinya tidak bisa memilih tetapi diberikan peluang untuk memilih, ”katanya. (p1)

To Top