Pendidikan

Sebanyak 99 Peserta Ikuti UNBK Kesetaraan Paket C di SPN SKB

KENDARI, BKK – Tahun ini (2019, red), sebanyak 99 peserta ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), di Satuan Pendidikan Non Formal (SPN) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Kepala SPN SKB Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Syamsul Bahri SPd mengatakan, baru tahun ini pihaknya melakukan UNBK paket C secara mandiri.

“Sebelumnya, untuk melaksanakan UNBK paket C tersebut, kami meminjam gedung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ranomeeto Konsel,” ujar Syamsul Bahri, Minggu (14/4).

Syamsul menuturkan, soal-soal yang diujikan kepada puluhan peserta tersebut, sama dengan soal UNBK tingkat SMA pada umumnya yang ditangkan langsung dari pusat.

“Untuk pelaksanaannya, kami bagi menjadi dua rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar terdiri dari 20 peserta,” paparnya.

Dia menjelaskan, untuk melaksanakan UNBK paket C tersebut, pihaknya menyiapkan 20 unit komputer dan 20 unit laptop milik peserta dan pegawai SKB.

“Peserta yang mengikuti paket C tersebut adalah mereka yang tidak tamat SMA dan yang di droup out (DO). Makanya, mereka (peserta, red) mengikuti ujian paket C agar bisa melanjutkan pendidikannya di Perguran Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS),” bebernya.

Diketahui, pelaksanaan UNBK kesetaraan paket C dilaksanakan selama 2 hari. Mulai Sabtu (13/4) dengan 2 mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia dan Geografi. Selanjutnya, Minggu (14/4) mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). (cr1/r2)

To Top