Arena

Memprihatikan, GOR KONI dan Stadion Lakidende Butuh Pembenahan

Eryckson Ludji (YUSRIL/BKK)

KENDARI, BKK – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap, sarana olahraga di kompleks olahraga Lakidende Kendari agar segera dibenahi.

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Sultra Eryckson Ludji mengatakan, sarana berupa gedung olahraga (GOR) serta lapangan dan stadion itu, kondisinya kini memprihatinkan.

”Insya Allah, kami akan terus komunikasikan dengan pemerintah provinsi (pemprov) agar GOR dan stadion bisa dibenahi serta sarana lainnya. Sebab, kami inginkan para atlet bisa berlatih dan dimanfaatkan sesuai fungsinya seperti dulu lagi,” ujar Eryckson dikonfirmasi, Sabtu (13/4).

Dikatakannya, akibat kondisinya yang sudah memprihatikan, untuk kegiatan latihan pun, pengurus cabang olahraga enggan menggunakannya.

Salah satu contohnya, ungkap dia, saat Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON XVI lalu, KONI Sultra lebih memilih memindahkan atlet berlatih di GOR  Bahteramas, ketimbang menggunakan GOR KONI tersebut.

”Kondisi ini tentunya sangatlah miris, jika kita melihat sejarah yang pernah dicatatkan GOR KONI Sultra dan stadion sebagai tempat berlatih atlet terbaik Sultra. Lantaran kondisinya yang sudah tidak terawat membuat atlet enggan lagi menggunakannya sebagai tempat berlatih,” terangnya.

Eryckson berharap, GOR dan Stadion Lakidende kebanggan masyarakat Sultra ini, bisa dibenahi dan bisa kembali digunakan lagi. Dengan begitu, dapat  mencetak atlet-atlet terbaik yang akan mengharumkan nama daerah dan bangsa.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sultra Jaya Bhakti  mengatakan, saat ini Pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra telah memprogramkan pembenahan sarana olahraga tersebut. Pihaknya menyadari, kondisi sarana olahraga itu membutuhkan perbaikan agar bisa kembali difungsikan.

“Jadi kami akan melakukan koordinasi dengan Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata ruang Sultra, sebagai instansi yang mengerjakan program wisata olahraga di Lakidende ini, untuk memasukkan rehabilitasi GOR KONI dan sarana olahraga lainnya dalam program tersebut,” pungkas Jaya Bhakti. (cr2/nur)

To Top