Lingkar Sultra

Mei, PLTMG Kapasitas 30 MW di Baubau Diaktifkan

Bambang Yusuf

BAUBAU, BKK- Pembangunan pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG)  di kawasan Kelurahan Kolese Kota Baubau yang dimulai 2017 lalu sudah mencapai 80 persen. Bila tak ada aral melintang, Mei mendatang pembangkit listrik dengan kapasitas 30 mega watt (MW) ini akan diaktifkan.

“Sampai hari ini progres sudah 80 persen. Semoga dalam waktu dekat ini sistem sudah bisa masuk. Kita optimis paling lambat akhir Mei sudah bisa difungsikan,” kata Jenderal Manager PLN Wilayah Sulseltrabar, Bambang Yusuf ditemui di stadion Betoambari, akhir pekan lalu.

Kata dia, ada 2 unit sistem pembangkit yang akan difungsikan nantinya. Masing-masing berkapasitas 2×15 MW

“Total 30 MW ya. Kalau ini sudah difungsikan maka kehandalan listrik kita pasti akan meningkat,” katanya.

Dikatakannya, pengaktifan PLTMG ini bukan hanya melayani wilayah Kota Baubau saja. Namun, juga melayani daerah sekitar Baubau,  bahkan hingga ke Kabupaten Muna.

Meski pembangkit dengan kapasitas besar ini sudah diaktifkan, katanya, pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Baruta masih tetap akan terpakai untuk membackup kapasitas listrik di Baubau dan sekitarnya.

Ditambahkannya, setelah PLTMG ini diaktifkan maka PLN akan melihat perkembangan potensi. Bila proyeksi perkembangannya naik dan pemda melakukan akselerasi pembagunan serta banyak investor yang masuk, maka PLN akan lakukan penambahan kapasitas.

“Penambahan pastilah ada. Pun demikian, kita akan sesuaikan dengan perkembangan Kota Baubau ke depan,” katanya. (cr3/nur)

To Top