Beranda

2 Caleg PKS Sulkhani dan Riki Segera Duduk di Kursi Pesakitan

Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Berkas perkara dugaan pelanggaran pemilu 2 oknum calon anggota legislatif (caleg) asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), tak lama lagi masuk pengadilan untuk disidangkan.

Keduanya yakni Caleg DPRD Sultra Dapil Kota Kendari, Sulkhani, yang juga Ketua DPW PKS Sultra. Dan, Riki Fajar  Caleg DPRD Kota Kendari Dapil Kambu-Baruga, yang juga selaku Sekretaris DPC PKS Kota Kendari.

Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kendari La Ode Hermanto mengatakan, tim penegakan hukum terpadu (gakkumdu) sudah melakukan tugas dengan baik. Dibeberkan, berkas perkara keduanya sedang diteliti jaksa setelah menerima pelimpahan dari pihak kepolisian.

“Terkait bagaimana hasil analisa jaksa, kita tunggu. Apakah berkasnya sudah dianggap rampung atau belum, kita tunggu,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (13/4).

Hermanto membeberkan, hari ini merupakan waktu terakhir kejaksaan melakukan penelitian. Untuk itu, jika berkasnya dinyatakan lengkap maka segera dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan.

“Kalau berkasnya sudah rampung, berkasnya akan dikirim ke pengadilan untuk proses persidangan. Tapi, bila berkasnya dianggap belum rampung maka dikembalikan ke kepolisian untuk dilengkapi. Sesuai prosedur, jaksa mempunyai waktu 3 hari untuk mengalisa berkas perkara,” jelasnya.

Masih kata Hermanto, keduanya dijerat Pasal 280 ayat (2) huruf f Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dengan ancaman pidana 1 tahun penjara dan denda Rp12 juta.

Selain pidana, sebut dia, keduanya juga dapat dibatalkan sebagai calon dan pembatalan penetapan calon, meski nantinya keduanya memenuhi target suara untuk melanggung ke ke parlemen. Sanksi ini, kata Hermanto, akan diberikan setelah putusannya berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Lebih lanjut, Hermanto mengungkapkan, proses Camat Kambu La Mili, yang dilibatkan 2 caleg saat kampanye, sudah berada di Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN). (man)

To Top