Headline

Ali Mazi Hanya Boleh Memilih Capres dan Cawapres

KENDARI, BKK- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi memiliki kartu tanda penduduk Jakarta. Sedangkan Wakil Gubernur Lukman Abunawas tercatat sebagai warga Kabupaten Konawe. Apakah mereka akan memilih di daerahnya masing-masing?

Ali Mazi saat ditemui wartawan koran ini pada Jumat (12/4) mengungkapkan dirinya akan memilih di Kota Kendari saat hari pencoblosan 17 April 2019 nanti.

“Saya sudah mengambil formulir A5. Saya masih menunggu konfirmasi dari KPU Kota Kendari, di tempat pengumutan suara (TPS) mana saya akan memilih,” ujar Ali Mazi.

Ali Mazi juga menyebutkan, kemungkinan dirinya akan memilih di rumah jabatan (rujab) gubernur yang akan disediakn oleh komisi pemilihan umum (KPU) nantinya.

“Yah, mungkin dirumah jabatan ada TPS? Ke situ atau di mana saja,” ucapnya.

Sementara, Wakil Gubernur Lukman Abunawas dipastikan akan memilih di kampung halamanya di Konawe.

Kepastian ini didapatkan dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra La Ode Abdul Natsir.

Ia menjelaskan, Lukman Abunawas dipastikan memilih di Desa Arombu, Unaaha, Konawe.

“Kalau pak Lukman suudah kita pastikan akan memilih di Konawe, pada pemillu nanti.  Kalau Pak Gubernur sepertinya di Kendari juga, karena berdasarkan informasi KPU Kota Kendari, beliau sudah mengambil formulir A5 atau pindah memilih,” tutup Natsir

Diketahui, formulir A5 adalah fasilitas KPU untuk masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih tetap yang tidak bisa memilih di tempat asalnya. Formulir A5 bisa didapatkan di PPS  kelurahan asalnya maupun KPUD.

Kelemahan dari formulir A5 yaitu pemilih hanya bisa memilih calon presiden (capres) dan cawapres. Bila dilakukan di daerah asal, seharusnya pemilih diberikan 5 surat suara, yaitu calon DPR RI, DPD, DPRD kota/kabupaten, DPRD provinsi, dan capres-cawapres. (p1-p3/iis)

To Top