Beranda

Wagub Lukman: Jangan Ikut Berpolitik!

Lukman Abunawas melantik 43 kepala SMA dan SMK se-Sultra. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas mewanti-wanti para kepala sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) untuk ti

dak terlibat politik praktis.

“Kepala sekolah tidak boleh ikut berpolitik. Apalagi mendukung salah satu calon secara terang-terangan, walaupun kita punya hak pilih. Karena kita ini ASN (aparatur sipil negara) ada Undang-Undang ASN yang mengatur,” ujar Lukman saat melantik 43 kepala SMA/SMK di Aula Rapat Kantor Gubernur Sultra, Senin (25/3).

Ditegaskan, bila nanti ada yang terlibat, selain mendapat sanksi sesuai Undang-Undang maka akan dikenakan teguran dari pemprov.

“Kepsek merupaka jabatan strategis, yang prinsipnya adalah seorang guru profesional. Jadi kepsek ini merupakan tugas tambahan, karena sebelumnya masih sebagai guru, berarti sudah menguasai tugasnya,” katanya.

Menurut Lukman, tidak semua guru akan mudah diangkat sebagai kepala sekolah. Karena ada syarat-syarat dan ketentuannya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Sultra Asrun Lio meminta, kepala sekolah untuk mematuhi smeua aturan yang brelaku. Apalagi, jelang pemilu ini.

“Ada hak pilih, namun dia tidak perlu dia sampaikan ke orang. Tapi jangan hak pilih kita itu kita salah gunakan,” imbuhnya. (p3/man)

.

ARSIP

To Top