Pendidikan

Sebanyak 2.070 Camaba Lulus SNMPTN di UHO

La Hamimu. (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Tercatat sebanyak 2.070 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, dinyatakan lulus lewat  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Yang diumumkan oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) pada, Jumat (22/3) lalu.

Ketua Panitia SNMPTN UHO Dr La Hamimu mengatakan, dari 4.949 pendaftar SNMPTN UHO pada 14 Februari lalu, hanya 2.070 pendaftar yang dinyatakan lulus. Padahal, lanjutnya, daya tampung SNMPTN di UHO secara keseluruhan UHO sebanyak 2.146 orang.

“Makanya, sebenarnya kouta SNMPTN UHO masih kurang. Akan tetappi, kekurangannya akan kita alihkan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN),: ujar Dr La Hamimu, Senin (25/3).

La Hamimu merinci, daya tampungnya SNMPTN 30%, SBMPTN 40%, dan SMMPTN 30%. Jadi, jelas dia, jika ditotalkan kouta keseluruhan UHO sekira 8 ribu camaba.

“Pada jalur SNMPTN ini, ada beberapa program studi (prodi) yang tidak memenuhi daya tampungnya. Diantaranya, Prodi Tradisi Lisan, Teknik Kelautan, dan Rekayasa Infrastruktur,” paparnya.

Kata La Hamimu, penyebab camaba tidak lulus dalam SNMPTN karena siswa yang bersangkutan tidak mengapload nilai prestasinya. Padahal, alas dia, nilai tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan kelulusan pada masing-masing pendaftar.

“Dari 4.949 pendaftar hanya sekira 300 orang saja yang mengapload nilai prestasinya, seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) alumni dan akreditasi sekolah,” ucapnya.

Kata dia, pekan ini pihaknya akan mengumumkan cara registrasi yang harus ditempuh camaba setelah dinyatakan lulus SNMPTN. Tapi, lanjutnya, sebelum itu camaba mesti melakukan registrasi online sebelum menyetorkan berkas secara fisik.

“Karena, meskipun camaba telah dinyatakan lulus, tapi tidak melengkapi berkasnya dengan baik, maka bisa saja yang bersangkutan digugurkan atau dinyatakan tidak lulus,” tuntasnya. (cr1/r2)

To Top