Beranda

Ribuan Peserta Pawai Taaruf Meriahkan Pembukaan STQ Sultra

Kafilah Kota Kendari yang mengikuti STQ tingkat Sultra (FOTO:YUSRIL/BKK)

KENDARI, BKK – Ribuan peserta pawai taaruf dari 17 kabupaten dan kota mewarnai kemeriahan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV Sulawesi Tenggara (Sultra). Peserta dilepas Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas pada Senin (25/3).

Lukman mengatakan, pelaksanaan STQ harus dijadikan momentum untuk melahirkan generasi Qurani di tengah-tengah generasi penerus bangsa. Ia berpesan, agar kitab suci Alquran senantiasa menjadi pedoman atau rujukan, khususnya umat muslim dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

‘STQ merupakan instrumen penting dalam mendorong umat Islam mempelajari Alquran, termasuk memahami dan melaksanakan nilai-nilai keutamaan yang dikandungnya. Penyelenggaraan STQ sebelum-sebelumnya telah memberikan manfaat besar bagi umat Islam di berbagai penjuru, guna mendorong mempelajari Alquran, mulai dari membaca, menulis, menghafal, dan memahami kandungannya,” ujarnya.

Lukman mengatakan, momentum STQ merupakan persiapan menghadapi STQ tingkat nasional.

Di tempat yang sama, Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwilkemenag) Sultra Abdul Kadir mengungkapkan, pelaksanaan STQ bakal berlangsung sampai 31 Maret 2019, diikuti 456 orang dari 17 kabupaten dan kota, dengan 6 kategori lomba.

”Misalnya, lomba Tahfiz Quran dengan berbagai tingkatan mulai dari anak-anak sampai remaja. Lomba tahfidz itu ada 1 juz, 5 juz, 10 jus, 20 juz, dan 30 juz,” terangnya.

Kadir meminta, pelaksanaan STQ tidak hanya diartikan ajang lomba semata. Tetapi sebagai momen untuk membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat.

”Kami berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan begitu, akan melahirkan generasi Qurani di Sultra,” pungkasnya. (cr2/man)

To Top