Beranda

Keterbatasan Anggaran, Pemkot Kendari Pastikan Tak Buka Pendaftaran PPPK

Ilustrasi.

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dipastikan tidak akan mengusul kouta untuk pengakatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK/P3K) karena keterbatasan anggaran.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari Susanti mengatakan, pegawai yang diangkat pemerintah daerah maka bebannya ke daerah juga.

“Tapi, kita ini tidak mengganggarkan untuk pengangkatan PPPK. Selain itu, untuk mengangkak PPPK harus disesuaikan dengan kemampuan daerah,” terang Susanti, Senin (25/3).

Makanya, sambung dia, pihaknya tak membuka pendaftaran PPPK. Padahal, kouta yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kurang lebih 200 orang.

“Karena, setelah kita hitung-hitung, untuk mengangkat PPPK dengan kouta 200 orang, biaya yang kita keluarkan kurang lebih Rp10 miliar. Biaya itu untuk membayar gaji PPPK yang setara dengan gaji PNS berdasarkan golongannya,” paparnya.

Susanti berharap, ke depan pemerintah pusat bisa membantu daerah untuk menganggarkan pengangkatan PPPK ini lewat dana alokasi umum (DAU).

“Apa lagi, pengangkatan PPPK ini diprioritaskan bagi K-2 (kategori 2). Jadi, kasian juga teman-teman yang sudah masuk K2 namun tidak dilakukan pengakatan, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkot Kendari,” pungkasnya. (r2/man)

To Top