Beranda

Kampanye Dimulai, Bawaslu Sultra Wanti-Wanti Peserta Pemilu

Hamiruddin Udu.

KENDARI, BKK- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta, semua pihak patuh terhadap aturan kampanye rapat umum.

Ketua Bawaslu Sultra Hamuruddin Udu mengatakan, Sabtu (23/3), dalam melaksanakan kampanye, seluruh peserta pemilu diminta untuk sama-sama mewujudkan kampanye damai.

“Untuk mewujudkan kampanye damai, tim kampanye pemilu dilarang melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), menghina seorang calon atau peserta pemilu lain, menghasut, serta mengadu domba perseorangan ataupun masyarakat,” katanya.

Selain itu, tambah Hamiruddin, tim kampanye dilarang mengganggu ketertiban umum, mengancam dan melakukan kekerasan, merusak atau menghilangkan alat peraga kampanye peserta pemilu lain, dan menggunakan fasilitas pemerintah. Seperti  tempat ibadah dan tempat pendidikan.

Kemudian, tim kampanye dilatang mengikutsertakan relawan yang tidak semestinya bersentuhan dengan politik. Seperti misalnya dewan pengawas dan karyawan badan usaha milik negara, pejabat negara, aparatur sipil negara (ASN), TNI, kepala desa, perangkat desa, dan warga negara indonesia yang tidak memiliki hak memilih.

Hamiruddin berharap, dengan adanya aturan yang sudah dikeluarkan KPU maupun Bawaslu, kepada pihak yang dilarang dapat mematuhinya. Sehingga, dugaan pelanggaran pemilu dapat dihindari.

“Kita inginnya mereka tidak melanggar. Karena pasti akan kita proses kalau kita dapat (melanggar),” pungkasnya. (p1/man)

To Top