Lingkar Sultra

Dilantik Bupati, Kepsek di Butur Dituntut Miliki Kemampuan Leadership

DARSO/BKK
Bupati Butur Abu Hasan lantik 23 kepala sekolah SD dan SMP.

BURANGA, BKK- Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan, kembali melantik sejumlah kepala sekolah (kepsek) tingkat SD dan SMP yang akan bertugas di wilayah pemerintahannya itu.

Sejumlah kepsek yang dilantik di Aula Bappeda Butur, Kamis  (21/3) sore kemarin, terdiri dari 6 kepsek SMP dan 17 kepsek SD. Mereka yang dilantik ini, sebelumnya adalah tenaga guru yang kemudian diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah.

Dalam sambutannya di sela-sela pelantikan tersebut, Abu Hasan menekankan kepada pejabat baru di jajaran pemerintahannya itu agar memiliki kemampuan Leadership (kepemimpinan) dan manajerial.

Dikatakannya, kemampuan leadership diperlukan bagi para kepsek agar dapat membuat sekolah yang dipimpinnya menjadi lebih maju. Bahkan orang-orang yang ada di dalamnya juga  bisa makin berprestasi.

“Leadership berkaitan dengan tugas kita sebagai pemimpin. Apa yang kita pimpin, orang apa yang kita pimpin, bagaimana orang-orang yang kita pimpin. Ini semua harus diketahui seorang pemimpin,” terang Abu Hasan.

Ia lantas mencontohkan bedanya model kepemimpinan zaman dulu dan sekarang. Jika dulu, ujar dia, seseorang menjadi pemimpin karena faktor memiliki badan besar, maka sekarang hal itu tidak berlaku lagi.

“Sekarang era sains, era ITE, dan era integritas dan loyalitas. Bagi siapa yang memiliki itu maka sudah pantas menjadi pemimpin,” ujarnya.

Selanjutnya terkait kemampuan manajerial, lanjutnya,   juga harus dimiliki seorang pemimpin sekolah. Katanya, kepsek ideal adalah yang memiliki kemampuan kedua-duanya.

“Manajerial berbicara soal mengelola. Apa yang dikelola semua sumber daya di sekolah. Akan tetapi pengelolaan dimaksud untuk mencapai tujuan sekolah bukan tujuan pribadi apalagi keluarga,” ucapnya. (r5/nur)

.

ARSIP

To Top