Beranda

6 Kabupaten Molor Terima Dana Desa

Tasman Taewa. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- 6 dari 15 kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) terlambat menerima dana desa (DD) tahap I. Pasalnya, mereka belum melakukan pembaruan alokasi anggaran.

Keenam kabupaten itu yakni Buton Utara (Butur), Konawe, Konawe Utara (Konut), Buton, Muna, dan Muna Barat.

“Sebenarnya sudah ditetapkan perda (peraturan daerah) dan peraturan bupati (perbub), hanya ada lokasi yang belum di-update. Sehingga, DD belum bisa di cairkan, sementara syarat pencairan DD tahap I hanya itu (pembaruan alokasi),” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sultra Tasman Taewa, Rabu (20/3).

Baru 9 kabupaten yang sudah sudah tersalurkan DD-nya yakni  Kolaka, Konawe Selatan (Konsel), Bombana, Wakatobi, Kolaka Utara (Kolut), Kolaka Timur (Koltim), Konawe Kepulauan (Konkep), Buton Tengah (Buteng), dan Buton Selatan (Busel). Daerah ini telah tepat waktu tersalurkan karena cepat menuntaskan laporan pertanggungjawaban (LPj)

Tasman berharap, pencairan DD tahap pertama ini tidak ada kendala, sehingga bisa betul-betul dimanfaatkan dalam membangun dan memberdayakan masyarakat desa.

“Jadi, dari RKUN (rekening kas umum negara) semoga cepat turun ke RKUD (rekening kas umum daerah) kabupaten. Kemudian, dari kabupaten juga supaya cepat diturunkan ke desa, agar desa cepat berbuat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Tasman berharap, DD bisa dimanfaatkan dengan benar yakni  benar dalam proses pengelolaan, pelaporan, dan tepat sasaran untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. (p3/man)

To Top