Headline

Amir Mahmud Terpilih sebagai Rektor Baru UMK

Amir Mahmud

KENDARI, BKK – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Amir Mahmud SP MP sebagai rektor Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK). Amir adalah mantan Dekan Fakultas Perikanan UMK. Dia berhasil mengalahkan petahana, Muhammad Nur SP MSi.

Sekretaris Rektor UMK, Ahmad dikonfirmasi soal ini, Senin (18/3), membenarkan. Amir keluar sebagai pemenang di antara 3 calon rektor yang diajukan UMK ke PP Muhammadiyah.

Ahmad merunut, setelah melalui penjaringan, berdasarkan hasil rapat senat yang dilaksanakan pada 5 Januari lalu, menghasilkan 3 nama calon rektor. Nama-nama itu kemudian pada 8 Januari dikirim ke PP Muhammadiyah.

Mereka adalah Amir Mahmud, Muhammad Nur, dan Yusuf.

Setelah lama dinanti-nanti, pekan lalu disetujui Rabu (13/3), melalui surat keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh PPM yang menetapkan Amir Mahmud sebagai Rektor UMK periode 2019-2023.

Lebih jauh, Ahmad menerangkan, PP Muhammadiyah menetapkan rektor terpilih pada 13 Maret karena masa kepemimpinan rektor yang lama berakhir pada 12 Maret.

Mengenai hari pelantikan, Ahmad menjelaskan, pihak UMK sendiri baru akan mengusulkan kepada PP Muhammadiyah untuk melakukan pelantikan rektor baru.

Sesuai agenda awal, serah terima jabatan dari rektor lama ke rektor baru direncanakan akhir Maret.

“Ini baru rencana kami. Tentunya, kami sendiri akan menyesuaikan dengan waktu yang dikeluarkan oleh PPM terkait dengan proses pelantikannya,” jelasnya.

Masih kata dia, dengan terpilihnya rektor definitif, ia berharap agar program-program rektor sebelumnya terkait dengan mengembangkan UMK agar tetap dilanjutkan. 

“Agar menjadikan UMK lebih berkualitas dan maju. Mengingat UMK sendiri hingga saat ini sudah terakreditasi B. Dan, itu sudah menandakan bahwa UMK sudah jauh lebih maju untuk dikembangkan lebih baik lagi sebagai perguruan tinggi kepercayaan masyarakat,” katanya.

“Intinya, bagaimana UMK sendiri tetap eksis dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi yang selalu kental di UMK. Artinya,  baik pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat di UMK selalu aktif,” tambahnya. (cr1/iis)

.

ARSIP

To Top