Lingkar Sultra

Pertengahan 2019, Pemda Konut Terapkan Transaksi Non Tunai

Marthen Minggu

WANGGUDU, BKK – Mulai pertengahan tahun ini, pembelanjaan daerah Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) bakal dilakukan melalui transaksi non tunai.

“Kita akan lakukan ini (transaksi non tunai) sekitar Mei atau Juni. Karena, kita harus sosialisasi dulu. Kita kasi pemahaman semua OPD (organisasi perangkat daerah) yang ada kita harus berlakukan secara serentak,” tutur Kepala Keuangan dan Aset Darah (BKAD) Konut Marthen Minggu ditemui, Kamis (14/3).

Marthen mengaku, saat ini  BKAD tengah merancang sebuah peraturan bupati sebagai petunjuk pelaksaan transaksi non tunai ini.  Dalam waktu dekat rancangan tersebut akan dilaporkan ke Bupati Konut Ruksamin.

Selama ini, katanya, transaksi non tunai sudah diterapkan di Konut pada beberapa kegiatan belanja langsung. Seperti bantuan sosial, belanja hibah serta belanja gaji. Penyaluran ketiga item ini langsung ke rekening masing-masing penerima.

“Bantuan sosial itu seperti BPJS. Sementara hibah untuk bantuan rumah ibadah dan organisasi,” jelasnya.

Dia melanjutkan, pembayaran non tunai ke depannya bukan hanya diterapkan pada seluruh OPD. Namun sistem transaksi ini juga bakal diterapkan bagi pemerintah desa dan kelurahan.

“Jadi honor-honor aparat itu dibayarkan melalui rekening mereka. Bendahara maupun kepala desa tidak ada yang pegang uang tunai,” tutup mantan Kepala Inspektorat  Konut ini. (r7/nur)

To Top