Lingkar Sultra

Penyaluran DD Tahap I Tunggu Petunjuk Pusat

Hazimuddin Hamdan

BURANGA, BKK – Sudah memasuki pertengahan Maret, dana desa (DD) tahap 1 di Kabupaten Buton Utara (Butur)  belum disalurkan. Penyalurannya baru bisa dilakukan, setelah ada petunjuk dari pemerintah pusat.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Butur, Hazimuddin Hamdan. Dia pun meminta para aparat desa untuk memaklumi hal itu.

“Pencairan tahap pertama masih menunggu petunjuk dari pusat. Rencananya akan ada rapat koordinasi 28 Maret 2019 mendatang di Kota Makassar,” kata Hazimuddin ditemui di kantornya, Kamis (14/3).

Pencairan dana desa, kata dia, sudah diatur dalam Permendes nomor 16 tahun 2018. Di mana, tahap pertama sebesar 20 persen, tahap dua 40 persen dan tahap tiga 40 persen.

Disebutkannya, jumlah DD untuk 78 desa di Butur yakni senilai Rp68 miliar.

“Untuk dana desa itu, Desa Kurolabu di Kecamatan Kulisusu Utara mendapatkan porsi terbesar sebanyak Rp1,5 miliar,” imbuhnya.

Penggunaan dana desa sendiri, kata dia, sudah tertera secara detail dalam APBDes masing- masing desa. Penggunaannya pun terus dipantau dan diawasi.

Selain untuk infrastruktur, jelas mantan Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Butur ini, dana desa juga bisa dipergunakam untuk pengembangan SDM dan mendukung petani agar lahan pertaniannya menghasilkan pangan yang melimpah.

“Jadi tidak hanya semata-mata infrastuktur dasar, tapi penggunaan dana desa bisa pengembangan SDM di bidang pertanian,” tuturnya. (r5/nur)

.

ARSIP

Copyright © 2019

To Top