Beranda

Lukman Abunawas: Percaya, Saya Akan Cabut

Wagub Sultra Lukman Abunawas menemui massa aksi yolak tambang di Pulau Wawonii. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas menegaskan, keputusan pencabutan 15 izin usaha pertambangan (IUP) di Pulau Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sudah final.

“Kalau tidak benar, potong leher kita. Saya minta kepada masyarakat Wawonii jaga keamanan dan Insya Allah IUP yang ada di Konkep tidak akan beroperasi, sekarang sudah final (akan dicabut),” tandas Lukman di depan massa aksi tolak tambang, Kamis (14/3).

Ditambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra sangat mendukung pencabutan 15 IUP. Lukman meminta, masyarakat Wawonii tidak mudah terprovokasi, agar pembangunan bisa berlangsung dengan sebaik-baiknya.

“Saya mendukung pencabutan IUP. Percaya, saya akan cabut. Nyawa pun saya persembahkan,” katanya meyakinkan massa.

Menurut Lukman, kebijakan tertinggi berada di tangan rakyat. Sehingga, jika masyarakat menolak tidak boleh ada tambang maka harus disahuti.

Ditambahkan, masih banyak pontesi di Konkep. Ada sektor perikanan, perkebunan, dan pertanian yang harus dikembangkan. Sehingga, memang tidak boleh ada aktivitas pertambangan di Wawonii.

“Saya sudah disampaikan gubernur, bahwa pertmabnag sudah diberhentikan sejak tanggal 12 kemarin,” katanya.

Lukman menuturkan, pencabutan 15 IUP ini demi untuk kesejahteraan masyarakat Wawonii.

“Sekali lagi, mari kita menjaga solidaritas, keamanan, kekeluargaan kita dan saya sebagai Ketua Lembaga Adat Tolali mengutuk tidak ada IUP di Konkep dan sepakat mencabut,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Lukman, turut meneken perjanjian batas waktu pencabutan IUP yang disodorkan massa aksi. Di situ, pemerintah diminta mencabut IUP selembat-lambatnya 14 hari.

Namun, Lukman kembali menantang massa aksi. Bahwa waktu 14 hari itu terlalu lama. Ia berjanji pencabutan IUP sudah dilakukan dalam waktu 10 hari.

“Mana-mana saya langsung tanda tangan, dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim. Hari ini, saya tanda tangan dan siap laksanakan,” pungkas orang nomor 2 di Sultra ini. (p3-p2/man)

 

.

ARSIP

Copyright © 2019

To Top