Lingkar Sultra

Kuasai Mobdis Lebih Dari 1 Unit, Kepala OPD di Muna Disorot Bupati

LM Rusman Emba (kiri)

RAHA, BKK – Beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Muna kini tidak memiliki kendaraan dinas. Hal ini diakibatkan pejabat sebelumnya enggan mengembalikan mobil dinas (mobdis) yang dikuasainya, meskipun telah pindah tugas atau pensiun.

Akibat enggan mengembalikan mobdis yang dikuasai pada jabatan sebelumnya, beberapa pejabat di Muna kini justru menguasai mobdis lebih dari 1 unit. Padahal, mestinya saat meninggalkan jabatan lama, kendaraan operasionalnya juga dilepaskan. Terlebih bila di tempat baru juga difasilitasi mobdis.

Hal ini juga telah disoroti Bupati Muna LM Rusman Emba, hingga berupaya menertibkan kembali penggunaan kendaraan dinas di daerahnya itu.

Rusman juga menyayangkan sikap sejumlah pejabat di lingkup pemerintahannya itu, yang masih menguasai mobdis lebih dari satu unit. Sementara pimpinan instansi lainnya seperti kominfo serta dinas pemukiman dan perumahan justru tak memiliki kendaraan dinas.

“Memang kita di Muna ini ada penjabat sepertinya tidak iklas untuk menyerahkan mobil dinas yang dikusainya lebih dari satu unit. Ada penjabat kita begitu menjabat di OPD lain, mobil dinas yang dia kuasai pada OPD yang dia jabat sebelumnnya, dia bawa lagi ke OPD yang baru dia jabat. Harusnya dia tidak bawa mobdis itu, karena pada OPD itu sudah ada mobil dinasnya. Tetapi sepertinya mereka tidak iklas mau serahkan mobil dinas itu,” sindir Rusman.

Agar persoalan ini tidak berlarut-larut, Rusman mengaku akan kembali mengambil tindakan tegas. Terlebih, sebelumnya pejabat bersangkutan sudah beberapa kali disurati untuk mengembalikan mobdis yang dikuasai tanpa sesuai peruntukannya itu.

” Kita akan tindaki kembali hal ini. Memang sebagian besar masalah ini sudah terselesaikan, ya tinggal 2 atau 3 OPD saja yang belum terselesaikan. Termasuk mobil dinas yang dibawa penjabat yang pindah ke Kendari, sudah kita tarik ke Muna,” pungkas mantan Ketua DPRD Sultra ini. (tri/nur)

To Top