Kasuistika

KM Manusela Permai Tabrak Karang, Penumpang Selamat

Suasana Penumpang KM Manusela Permai 05 yang dievakuasi oleh Tim SAR Wakatobi.

KENDARI, BKK – Kapal Motor Manusela Permai 05 GT 84 dengan rute Kota Baubau-Binongko, Kamis (14/3), mengalami patah as kemudi di perairan Waktobi.

Kapal tersebut menabrak karang dan menyebabkan lambung kapal mengalami kebocoran.

”Sekitar pukul 07.30 WITA, kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari menerima info dari Ibu Irma yang merupakan salah satu penumpang, pada pukul 04.30 Wita KM Manusela 05 GT 84 mengalami kalecalakan patah as kemudi,” kata Hubungan Masyarakat (Humas) SAR Kendari Wahyudi, saat dikonfirmasi kemarin.

Kapal yang memuat 45 orang penumpang dan 6 anak buah kapal (ABK) tersebut, kata Wahyudi, kandas dan mesin penggeraknya sudah tidak bisa dihidupkan lagi. Mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Tim Pos SAR Wakatobi.

”Sekitar pukul 07.40 WITA, tim rescue pos SAR Wakatobi langsung diberangkatkan menuju TKM dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB),” ungkapnya.

Setelah sampai di TKM, lanjut dia, pihaknya langsung melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal tersebut.

”Sekitar pukul 13.20 WITA seluruh korban KM Manusela Permai 05 tiba di Pelabuhan Binongko dalam keadaan selamat. Dan pada pukul 16.40 WITA operasi SAR terhadap KM Manusela 05 yang mengalami patah as kemudi di perairan Wakatobi dinyatakan selesai dan ditutup,” pungkasnya. (cr2/nur)

To Top